Apa itu Daya Tahan (Endurance) ?

Daya Tahan (Endurance)

Daya tahan adalah kemampuan yang dimiliki tubuh kita untuk melindungi diri dari berbagai serangan penyakit dan serangan kuman. Daya tahan merupakan komponen biomotorik yang sangat dibutuhkan dalam aktifitasfisik. Dan salah satu komponen yang terpenting dari kesegaran jasmani. Daya tahan diartikansebagai waktu bertahan yaitu lamanya seseorang melakukan sesuatu intensitas kerja atau jauh dari keletihan.

Apa arti daya tahan tubuh ?
Pengertian daya tahan tubuh (endurance) apa sih ?
Apa yang dimaksud dengan daya tahan tubuh ?
Apa pengertian daya tahan tubuh olahraga ?
Apa maksud dari daya tahan otot ?

Daya Tahan

Memiliki stamina dan daya tahan tubuh yang baik dan kuat adalah harapan semua orang. Baik itu olahragawan, pekerja kantoran, laki-laki maupun perempuan. Jika kita memiliki stamina dan daya tahan tubuh yang kuat maka tentu saja dalam melakukan aktivitas dan kerja sehari-hari akan lebih optimal. Stamina, yang disebut juga endurance atau daya tahan tubuh, memiliki guna untuk menopang segala gerakan pada tiap otot dan tulang-tulang kita. Jika Anda memerlukan tenaga yang kuat karena pekerjaan Anda berat, dan pekerjaan Anda termasuk lama maka tentunya Anda butuh stamina yang kuat juga. Stamina dalam tubuh dapat ditingkatkan dengan latihan-latihan fisik secara teratur. Selain latihan fisik, asupan nutrisi dan gizi yang seimbang juga dibutuhkan.

Pengertian Daya Tahan Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Daya tahan adalah kemampuan bertahan menghadapi segala sesuatu dari luar seperti serangan fisik maupun penyakit, serangan mental dan lain sebagainya yang dapat merusak atau merugikan.

Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh merupakan kemampuan fisik, yang berfungsi untuk membentengi tubuh dari masuknya kuman. Oleh karena itu penting sekali bagi kita untuk tetap menjagadaya tahan tubuh yang kita miliki. Jika daya tahan tubuh yang kita miliki baik, maka tubuh akan sehat. Sebaliknya, jika daya tahan tubuh menurun, maka kuman akan mudah masuk kedalam tubuh, dan tubuh akan lebih mudah terjangkit penyakit.

Untuk itu kita perlu menjaga daya tahan tubuh dalam kondisi yang baik. Ada beberapa cara yang dapat ditempuh diantaranya dengan istirahat yang cukup, selalu berpikiran positif, olahraga secara teratur, menjaga kebersihan tubuh dan makanan, makan makanan bergizi dan kaya serat dengan porsi cukup, serta mengkonsumsi vitamin.

Baca Juga :  Mengenal Istilah Teknologi Tepat Guna

Istitrahat yang cukup sangat diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh. Setidaknya 7-8 jam perhari, karena begadang tidak dianjurkan jika tidah diperlukan. Kondisi mental juga berpengaruh terhadap daya tahan tubuh. Kita selalu dianjurkan untuk berpikiran positif agar memiliki daya tahan tubuh yang baik.

Daya Tahan

Daya Tahan Tubuh Menurut Pendapat Para Ahli

Daya tahan tubuh adalah suatu kemampuan makhluk hidup untuk melawan kelelahan yang datang pada saat menjalankan aktivitas dalam waktu yang lama (Suharno, 1985)

Daya tahan tubuh adalah kemampuan kondisi tubuh untuk bekerja dalam jangka waktu yang lama, tanpa disertai kelelahan yang berlebihan ketika sudah menyelesaikan pekerjaan tersebut (Harsono, 1988)

Oleh karena itu, penting sekali menjaga daya tahan tubuh agar tetap baik, yaitu dengan cara :

a. Perhatikan gizi makanan

Salah satu cara untuk menjaga daya tahan tubuh agar selalu baik, adalah makan makananyang bergizi. Makanan bergizi adalah makanan yang mengandung 4 sehat 5 sempurna, yangmengandung unsur-unsur (karbohidrat, lemak, protein, mineral, dan lainnya) yang dibutuhkan oleh tubuh.

b. Istirahat yang cukup

Kurang istirahat dapat mengakibatkan penurunan terhadap daya tahan tubuh. Untuk itukebutuhan tidur harus dapat dipenuhi dengan baik. Normalnya, kebutuhan tidur orang dalamsehari dapat tercukupi jika ia telah beristirahat selama kurang lebih 8 jam.

c. Olahraga yang teratur

 Tidak perlu berolahraga terlalu berat dan berlebihan. Asalkan dilakukan secara teratur, hasilyang didapat akan lebih baik. Jenis olahlaga dapat dipilih sesuai kemampuan tubuh masing-masing, misalnya senam, lari, berenang, tenis, dan lainnya. Idealnya olahraga yang baik dilakukan secara teratur 3 kali dalam seminggu.

d. Stres berlebih

Stres membuat seseorang tidak semangat dalam melakukan berbagai aktivitas., mudah emosi,sulit tidur, dan nafsu makan menurun. Jika tetap dibiarkan, maka akan mengganggukesehatan tubuh. Tanggulangi sesegera mungkin.

e. Konsumsi vitamin

Vitamin dapat membantu memenuhi kebutuhan tubuh. Pilihlah vitamin yang benar-benartelah teruji dan aman untuk dikonsumsi.

Daya Tahan

Baca Juga :  Organisasi Teknologi 5G (5GAA)

Pengertian Daya Tahan Tubuh dalam Olahraga

Daya tahan tubuh dalam olahraga adalah kemampuan seseorang untuk tetap fit dalam melakukan berbagai gerakan mulai dari tempo yang lambat hingga tempo super cepat tanpa mengalami kelelahan yang berat.
Contohnya adalah : tetap fokus dan semangat walaupun keringat sudah mengucur banyak, tidak gampang cidera, tidak mudah kram dll.

Pengertian Daya Tahan Otot

Daya tahan otot adalah kapasitas sekelompok otot untuk melakukan kontraksi yang beruntun atau berulang-ulang terhadap suatu beban submaksimal dalam jangka waktu tertentu  terhadap suatu beban.
Daya Tahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *