Aplikasi Aksara Jawa Lengkap

Aplikasi Aksara Jawa Lengkap – Aksara jawa memang tidak sepopuler huruf lain dalam kehidupan kita, hal ini dikarenakan aksara jawa kurang efektif jika ditulis. Selain memiliki banyak pasangan dan aturan, aksara jawa juga belum dilengkapi dengan tanda baca tertentu, seperti titik dua, tanda kutip, tanda tanya, dsb.

Faktor diperkenalkannya huruf latin oleh bangsa Belanda pada abad ke 19 juga menjadi  alasan kuat aksara jawa semakin tenggelam. Sebelum peristiwa tersebut, aksara jawa sudah digunakan oleh masyarakat indonesia dari suku jawa sebagai tulisan sehari hari.

Baca Juga : Aplikasi Al-Quran untuk PC/ Laptop

Kita sebagai warga negara yang baik tentu harus melestarikan aset aksara jawa ini. Walaupun sudah tidak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, namun pemerintah kita sudah memuat aksara jawa dalam mata pelajaran muatan lokal. Baik dalam pendidikan jenjang SD, SMP, maupun SMA/ SMK.

Semakin kesini tentu teknologi semakin canggih, para pengembang aplikasi juga tidak mau kalah dalam melestarikan budaya aksara jawa. Saat ini, beberapa developer telah berhasil membuat software dan aplikasi aksara jawa yang tentunya sangat membantu dalam kegiatan belajar dan mengajar.

Aplikasi aksara jawa lengkap dibawah akan terbagi dalam 2 tipe, yaitu aplikasi yang dikhususkan untuk PC, dan aplikasi aksara jawa untuk Android. Semuanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, silahkan pilih aplikasi aksara jawa yang sesuai dengan kebutuhan ya,

Aplikasi Aksara Jawa Lengkap untuk PC

1. Menggunakan Font

Yang pertama sebenarnya bukan aplikasi, melainkan font aksara jawa yang bisa digunakan di Ms.Word. Kamu bisa download font disini, kemudian install dengan klik dua kali hancaraka.TTF

aplikasi aksara jawa lengkap_font1
Klik dua kali Hancaraka.TTF
aplikasi aksara jawa lengkap_font2
Klik Install
aplikasi aksara jawa lengkap_font3
Ubah settingan font ke Hancaraka

Cara kerjanya cukup mengetik dengan ketikan keyboard biasa, nanti akan dikonversi otomatis ke huruf jawa. Untuk keterangan konversi tiap huruf pada keyboard, kalian bisa lihat gambarnya disini.

2. Aplikasi Hanacaraka V1.0

Software aksara jawa yang dibuat dan dikeluarkan oleh Dinas Kebudayaan Jawa ini sangat menarik. Selain bisa digunakan degan mudah, kita bisa mengetik satu kalimat sekaligus dalam mengubah tulisan latin ke aksara jawa ataupun sebaliknya.

aplikasi aksara jawa lengkap_hanacaraka1
Tampilan awal Hancaraka
Contoh konversi huruf latin ke aksara jawa

Bagi teman-teman yang belum terlalu mengenal aksara jawa tidak perlu khawatir, karena software Hancaraka menyediakan fitur “Pengenalan Aksara” yang tentunya akan sangat membantu. Untuk menguji pengetahuan, kamu juga bisa menggunakan fitur “Soal-soal” untuk berlatih.

Aplikasi Hanacaraka menurut saya sudah memiliki tampilan yang user friendly dan cukup modern. Jika merasa bingung dalam penggunaannya, kalian bisa lihat ketentuan pengetikan di menu “Bantuan”.

Dapatkan aplikasi Hancaraka V1.0 disini

Aplikasi Aksara Jawa Lengkap untuk Android

1. Aplikasi “Nulis Aksara Jawa”

Aplikasi yang bisa kita unduh secara cuma-cuma di PlayStore ini bisa mengubah tulisan latin ke aksara jawa dan sebaliknya dengan mudah. Hanya ketik kata yang kita inginkan, aplikasi Nulis Aksara Jawa akan langsung mengkonversikannya.

aplikasi aksara jawa lengkap_nulis aksara1
Tampilan awal aplikasi Nulis Aksara
aplikasi aksara jawa lengkap_nulis aksara2
Contoh konversi huruf latin ke aksara jawa

Aturan-aturan huruf jawa seperti Aksara Murda, Aksara Swara, Aksara Rekan, Pasangan, dan lain-lain sudah tersedia dalam aplikasi ini. Namun teman-teman harus memahami dulu cara penggunannya agar tidak bingung. Ketentuan dalam menggunakannya sudah tersedia dihalaman awal aplikasi.

Sebetulnya hasil tulisan dari aplikasi Nulis Aksara bisa dicopy ke papan keyboard kamu, tapi hanya support untuk beberapa perangkat.

2. Aplikasi “Aksara Jawa”

Jika aplikasi sebelumnya identik dengan warna merah, aplikasi ini memiliki warna yang dominan kuning. Fungsinya tentu masih sama, yaitu bisa konversi huruf latin ke aksara jawa dengan mengetik beberapa kata sekaligus ataupun sebaliknya.

aplikasi aksara jawa lengkap_aksara jawa1
Tampilan awal aplikasi Aksara Jawa
aplikasi aksara jawa lengkap_aksara jawa 2
Contoh konversi huruf latin ke aksara jawa

Kelebihan yang ada pada aplikasi aksara jawa yaitu ada penjelasan mengenai aksara murda, aksara swara dsb. Untuk kekurangannya, hasil konversi dari aplikasi ini masih belum bisa dicopy.

 

Itulah penjelasan mengenai Aplikasi Aksara Jawa Lengkap untuk PC maupun Android. Untuk penggunannya menurut saya cukup mudah, teman-teman pasti bisa mempelajarinya sendiri kok.

Saya harap aplikasi aksara jawa diatas dapat membantu kegiatan kamu, seperti mengerjakan PR atau sebagai bahan ajar disekolah. Tapi jangan digunakan untuk mencontek saat ulangan ya, mbok domaih Bu guru, hehe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *