5 Aplikasi Aransemen Musik dan Lagu Android

Bagi sebagian orang mendengarkan musik adalah hal yang wajib. Karena menurut saya, musik  bisa mengingatkan kita akan suatu kejadian, kenangan, atau masa depan (curhat). Aliran musik pun beragam, mulai dari pop, rock, punk, jazz, dan banyak lagi. Tapi walaupun begitu, bagi penikmat musik atau bahkan si pembuat musik itu sendiri tidak bisa terpaku kepada satu aliran, karena musik ada hal yang universal, semua orang berhak suka dan mendengarkan musik dengan kata hatinya.

Sedikit info, Musik dan Lagu memiliki perbedaan. Musik = hanya memiliki instrumen atau tidak ada nyanyiannya. Lagu = ada orang yang menyanyi didalam musik tadi.

Untuk membuat suatu aransemen musik atau lagu tidak bisa dipaksakan. Mereka harus meraih moodnya sendiri, bisa saja waktu sedang membaca, orang akan terngiang-ngiang akan instrumen yang mereka pikirkan. Maka dari itu, aplikasi aransemen musik dan lagu sangat dibutuhkan bagi kamu yang memang memiliki hobi musik. Supaya, ide yang muncul tiba-tiba akan langsung terealisasikan dengan mudah.

Namun, bagi kamu yang ingin coba-coba atau hanya sekedar iseng, aplikasi aransemen musik dan lagu di Android juga sangat direkomendasikan. Hanya berbekal smartphone android, kamu sudah bisa mendapatkan aplikasinya dan tidak perlu membeli “alat sesungguhnya” dengan harga yang tentu, sangat mahal, hehe.

Untuk aplikasinya sendiri sudah sangat beragam. Oleh karena itu, berikut ini kelastekno.com sudah merangkum 5 Aplikasi Aransemen Musik dan Lagu untuk Android dengan fitur dan keunggulannya masing-masing.

1. FL Studio

fl-studio-aplikasi-aransemen-musik-lagu-android

FL Studio

FL Studio sendiri memiliki 2 versi, yaitu versi PC dan versi Mobile. Pada versi PC diklaim FL Studio adalah aplikasi untuk aransemen musik yang paling populer, sedangkan untuk versi mobile (android) juga tidak kalah kerennya. Dengan aplikasi ini kamu dapat membuat komposisi musik lengkap beserta multi treknya. Fitur-fitur yang ditawarkan pada versi terbarunya (3.0.1) yaitu, keyboard dan drum pad yang dapat dikonfigurasikan, memberikan dukungan pengendali MIDI, audio yang lebih berkualitas, merekam audio lengkap dengan monitoringnya, dan masih banyak lagi. Untuk sekarang, aplikasi aransemen musik FL Studio tersedia di Play Store dengan versi berbayar.

2. Music Studio Lite

music-studio-lite-aplikasi-aransemen-musik-lagu-android

Music Studio Lite

Untuk perangkat mobile, music studio lite menawarkan produksi aransemen musik lengkap dengan kualitas suara yang tak kalah bagus dengan studio sungguhan.  Aplikasi ini mampu menggabungkan suara keyboard, dan 11 instrumen lainnya, sedangkan untuk versi berbayar menawarkan lebih banyak lagi, yaitu 118 instrumen. Mengedit suara yang cacat, reverb, dan efek real time akan sangat mudah dengan aplikasi music studio lite yang user friendly ini.

3. Music Maker JAM

music-maker-jam-aplikasi-aransemen-musik-lagu-android

Music Maker Jam

Dengan sampel musik yang telah disediakan aplikasi ini, kamu tinggal memilihnya sesuai aliran musik kamu. Tak hanya itu, kamu juga membuat musik yang unik dengan manggabungkan satu genre ke genre yang lain. Merekam audio dan mixdown secara langsung juga sangat mudah dengan 8 mixer channelnya. Kontrol yang ditwarkan juga terbilang mudah, misalnya dalam menyesuaikan nada dan harmoni, mengedit bagian lagu, dan memainkan berbagai efek real time yang tersedia. Jika musik yang kamu aransemen sudah siap, kamu bisa langsung membagikannya ke berbagai sosial media, seperti soundcloud, facebook, dsb.

4. Walk Band

walk-band-aplikasi-aransemen-musik-lagu-android

Walk Band

Walk Band adalah aplikasi untuk membuat musik yang hasilnya terdengar realistis. Instrumen yang disajikan pun beragam, seperti piano, gitar, drum kit, drum, machine, bass, dan banyak lagi. Aplikasi walk band memiliki beberapa kelebihan, contohnya saja mendukung  midi eksternal keyboard lewat USB. Untuk tiap-tiap instrumen yang ditawarkan juga memiliki beberapa mode, kamu bisa menggunakan mode yang terasa nyaman. Misalnya, untuk instrumen gitar dan bass terdapat pilihan mode chord, atau solo. Tipe gitar yang disajikan pun beragam, ada gitar nylon, string, ataupun ekektrik. Seperti music maker jam, musik yang telah kamu aransemen juga bisa diupload ke berbagai sosial media.

5. Adobe Evolution Mobile Studio

audio-evolution-mobile-studio-aplikasi-aransemen-musik-lagu-android

Audio Evolution Mobile Studio

Menggunakan Adobe Evolustion Mobile Studio kamu dapat membuat aransmen musik dengan mudah, seperti menambah pola ketukan drum, mengedit audio midi yang dilengkapi fitur undo/ redo yang tak terbatas, mix, menambahkan efek real time, atau hanya sekedar memainkan instrumen juga bisa. Efek real time yang ditawarkan pun sangat beragam, termasuk  chorus, compressor, delay, dual delay, reverse delay, reverb, flanger, noise gate dan masih banyak lagi. Setiap track yang akan diedit memiliki kontrol yang menarik, diantaranya adalah  volume, panning, mute, solo, arm, 3-band EQ dengan mid-sweep, 3 insert effects, 2 effect send dan output bus selection.  Untuk file keluarannya dapat dapat kamu pilih sendiri tipenya, mulai dari .WAV, MP3, OGG, dsb. Sangat menarik bukan? Aplikasi ini tersedia di Play Store dalam dua versi, yaitu versi trial dan berbayar (Rp. 99.000)

Mungkin hanya itu Aplikasi Aransemen Musik dan Lagu Android yang bisa saya bahas, silahkan pilih sesuai kebutuhan dan jangan lupa untuk mengunduh dari situs resmi ya. Kalau teman-teman memiliki saran yang lain untuk aplikasi sejenisnya, kamu bisa menggunakan kolom komentar untuk berpartisipasi. Selamat berkarya.

1 Comment

Add a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *