Aplikasi Radio Offline

Memiliki Aplikasi Radio Offline memang akan sangat menyenangkan, selain tidak perlu ribet menggunakan earphone, baterai hp juga tidak akan cepat habis karena menyalakan paket data terlalu lama. Apakah itu bisa terealisasikan? Jawabannya bisa!

Tapi, kamu perlu menggunakan alat tambahan yang disebut dengan DVB RTL SDR. Saya sendiri kurang mengetahui alat tersebut, namun bisa dijelaskan bahwa alat DVB RTL SDR berfungsi seperti antena TV dan harus dihubungkan dengan kabel OTG untuk dihubungkan ke ponsel kamu.

Begitulah cara yang bisa digunakan untk mengakses aplikasi radio offline. Bagiamana? Saya rasa ini bukanlah pilihan yang tepat. Memang sih kita tidak perlu akses data data menggunakan earphone, tapi jatuhnya malah lebih ribet harus beli alat tambahan.

Untuk alternatif saya sarankan tetap menggunakan cara lama, pada tiap hp sudah tersedia aplikasi radio secara default dan bisa diakses melalui earphone sebagai antena. Tidak perlu akses data tentunya, alias bisa mendengarkan aplikasi radio offline. Namun jangkauannya masih kecil dan suaranya tidak terlalu jernih.

Solusi untuk mendapatkan suara jernih dan jangkauan yang luas, berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi radio yang bisa kamu dapatkan di PlayStore.

Alternatif Aplikasi Radio Offline untuk Android

1. Radio FM

Aplikasi Radio Offline_Radio FM
Radio FM

Aplikasi Radio yang pertama memiliki jangkauan yang sangat luas, bahkan ke 190 Negara yang mencakup 30 ribu stasiun radio. Mencari channel yang sesuai dengan selera kita juga sangat mudah, kamu bisa memilih akan mendengarkan genre dangdut, pop, atau rock.

Kamu juga bisa mengelompokkan stasiun radio sesuai daerah provinsi yang diinginkan dengan suara yang jernih tentunya.

2. Radio FM Indonesia

Aplikasi Radio Offline_Radio FM Indonesia
Radio FM Indonesia

Memiliki kategori pencarian berdasarkan genre dan kota menjadi salah satu fitur menarik aplikasi Radio FM Indonesia. Jika kalian bosan dengan tampilannya, aplikasi ini menyediakan pilihan tema Light dan Dark. Tidak perlu khawatir ketiduran dengan keadaan hp tetap menyala, karena telah disediakan fitur Sleep Timer.

3. Radio Indonesia

Aplikasi Radio Offline_Radio Indonesia
Radio Indonesia

Walaupun tidak memiliki fitur kategori seperti 2 aplikasi diatas. Aplikasi Radio Indonesia memiliki fitur andalan yang bisa menambahkan saluran ke aplikasi secara manual dengan cara memasukkan stream url stasiun radio yang diinginkan.

Untuk tampilan dari Radio Indonesia, saya rasa masih perlu dikembangkan lagi.

4. Simple Radio

Aplikasi Radio Offline_Simple Radio
Simple Radio

Sesuai namanya, aplikasi Simple Radio memang terlihat sangat simple, cocok untuk kamu yang tidak mau berbelit-belit dengan banyak fitur. Didalamnya langsung terdapat menu Recomended yang menampilkan dafar radio populer di Indonesia.

5. Internet Radio

Aplikasi Radio Offline_Internet Radio
Internet Radio

Yang berikut ini sangat cocok bagi kamu yang suka mendengarkan lagu barat, kenapa? Karena aplikasi ini dibuat oleh orang USA, jadi didalamnya memuat stasiun radio dari luar negeri. Bagaimana dengan stasiun radio dalam negeri? pilihan negara Indonesi ada kok!.

Kategori stasiun mulai dari hits, easy listening, jazz, dll juga sudah terdapat di aplikasi Internet Radio setelah kamu memilih kategori negara.

Mendengarkan radio memang memiliki keunikan tersendiri, selain tidak perlu ribet mengubah playlist, pasti kamu seperti dibawa ke taun 90an, dimana belum marak ponsel seperti sekarang. Selamat mendengarkan dan bernostalgia!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *