Aplikasi Recent Notification

Aplikasi Recent Notification – Akhir-akhir ini aplikasi chat di WhatsApp dan Blackberry bisa menghapus chat yang telah terkirim ke nomor tujuan penerima. Terkadang kita bisa salah dalam mengetik pesan, baik itu kesalahan redaksi, ataupun salah kirim ke penerima yang bukan seharusnya.

Jika hal ini terjadi, sekarang Anda bisa langsung menghapus chat tersebut dari ponsel Anda, sehingga si penerima yang salah tidak bisa melihat atau membaca pesan yang tadi Anda kirim. Bisa saja terjadi pesan itu sudah dibaca oleh penerima pesan yang salah, namun ketika Anda menghapusnya kemudian, pesan itu sudah tidak lagi muncul di ponsel si penerima.

Tulisan yang akan muncul di ponsel penerima untuk aplikasi WhatsApp misalnya adalah “this message already deleted”.

Baca Juga :  Cara Melihat Story Instagram yang Disembunyikan

Jika Anda adalah penerima pesan yang sudah dihapus oleh pengirimnya, maka Anda bisa melacak pesan apa yang dihapus tersebut, dengan menggunakan aplikasi recent notification.

Dalam aplikasi ini, semua notifikasi yang baru saja masuk ke ponsel Anda akan ditampilkan, meskipun itu sudah dihapus oleh pengirimnya.

Pilihan Aplikasi Recent Notification untuk Melihat Chat yang Sudah diHapus

  1. Recent Notification

    Aplikasi Recent Notification

    Aplikasi Recent Notification

Ini merupakan aplikasi paling populer dibandingkan dengan aplikasi lainnya, dalam hal melihat notifikasi terdahulu. Aplikasi recent notification ini paling sering digunakan untuk melacak pesan chat di WhatsApp yang telah dihapus oleh pengirim.

Untuk menjalankan aplikasi ini, yang harus Anda lakukan adalah:

  • Download aplikasi Recent Notification dari Google Play Store di ponsel Android Anda, dengan logo kotak biru dengan 3 garis horizontal.
  • Pasang atau install aplikasi tersebut untuk memulai pekerjaannya, yaitu merekam secara otomatis semua pesan yang masuk dalam waktu terdekat.
  • Jika Anda menerima suatu pesan misalnya di WhatsApp dan pesan itu telah dihapus oleh pengirimnya, maka sekarang Anda tinggal membuka aplikasi recent notification yang telah terpasang, lalu pilih nama pengirim pesan tersebut, maka pesan yang dihapus akan muncul disini.

Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di Play Store, dan fungsi yang dihasilkan juga sangat membantu Anda dalam menangani pengirim chat yang tidak bertanggung jawab. Aplikasi ini baru saja diterbitkan namun sudah mencapai jutaan download karena fungsinya yang memang dibutuhkan oleh user.

Sebagaimana diketahui bahwa pesan yang dihapus oleh pengirim sebelum sempat dibaca tentu membuat Anda penasaran dan terganggu, dan ini juga bisa membuat pengguna chat semakin tidak bertanggung jawab dalam mengirim pesan. Itu sebabnya aplikasi ini banyak dipakai sekarang ini.

  1. Back Button

    Aplikasi Recent Notification Back Button

    Back Button

Aplikasi ini cukup ringan untuk digunakan, tidak membutuhkan akses root, jadi bisa digunakan untuk berbagai perangkat smartphone. Dikembangkan oleh developer asal Jepang, aplikasi recent notification yang satu ini sudah mencapai 1 juta download di Play Store.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk mengembalikan (restore) chat yang sudah terhapus akibat update sistem atau kasus lainnya. Juga bisa digunakan oleh user Blackberry chat yang ingin melihat pesan yang terhapus sebelumnya.

Dengan logo atau icon berbentuk Back (tanda panah yang membelok dan mengarah ke belakang), aplikasi ini juga sering digunakan oleh user yang bukan hanya ingin melihat chat yang terhapus, namun juga beberapa notifikasi dan file yang sudah terlanjur terhapus sebelumnya.

  1. Notification History

    Aplikasi Recent Notification History

    Notification History

Aplikasi ini berfungsi untuk merekam berbagai notifikasi di ponsel Android, yang berasal dari berbagai media seperti email, WhatsApp, Line, Blackberry, SMS, aplikasi lain yang pernah diinstal di perangkat Android, dan sebagainya.

Anda juga dapat memilih aplikasi mana yang tidak ingin Anda record, misalnya iklan yang mengganggu, sehingga yang akan direkam adalah hanya aplikasi yang Anda inginkan saja.

Dengan fitur yang sangat baik seperti notifikasi pada layar atau status bar, menyimpan semua pesan meskipun sudah dihapus oleh pengirim, Anda juga dapat membersihkan notifikasi (clear notification) jika sudah tidak ingin menyimpannya lagi.

Cara penggunaan aplikasi ini juga cukup friendly. Setelah Anda mengunduh dan instal, Anda masuk ke Pengaturan (Setting), pilih menu Accessibility, lalu aktifkan tombol Accessibility and Notification History tersebut.

  1. WhatsRemoved+

    Aplikasi Recent Notification WhatsRemoved+

    WhatsRemoved+

Ini adalah aplikasi recent notification yang berfungsi untuk merekam segala macam notifikasi dan file dalam monitor ponsel Anda. Suatu saat jika ponsel Anda rusak dan Anda tidak bisa mengakses data yang terakhir, maka dengan aplikasi ini Anda akan dapat menemukan data-data tersebut.

Atau bisa juga untuk menemukan kembali (restore) data baik file maupun chat yang sudah terhapus sehingga Anda tidak akan kehilangan jejak atas data-data terdahulu.

Baca Juga : Cara Menyadap Chat WhatsApp Pacar

Jadi aplikasi ini bukan sekedar aplikasi recent notification untuk chat WhatsApp saja, namun bisa digunakan untuk media chat lain seperti Blackberry maupun aplikasi lainnya.

Lebih canggihnya lagi, aplikasi ini dapat memberitahukan kepada Anda atau mendeteksi jika ada pesan yang terhapus atau hilang, sehingga membuat Anda untuk membuka aplikasi dan melihat apa yang baru saja terjadi.

Berbagai macam aplikasi dalam Android Anda dapat menggunakan WhatsRemoved+, tergantung aplikasi mana saja yang Anda inginkan untuk disimpan atau direkam dalam memori aplikasi ini.

Aplikasi ini memiliki icon seperti gambar tempat sampah (icon untuk delete), yang memberikan arti bahwa aplikasi tersebut bisa menemukan kembali file yang terbuang, seperti halnya recycle bin di PC desktop.

  1. ES File Explorer

    Aplikasi Recent Notification ES File Explorer

    ES File Explorer

Aplikasi recent notification yang satu ini dapat digunakan untuk melihat notifikasi pada aplikasi chat Facebook Messanger. Cara kerjanya adalah menyalin kembali chat yang tersimpan di internet meskipun sudah terhapus.

Seperti diketahui melakukan chat di Messanger Facebook tentu menggunakan internet, dan chat itu akan terekam di internet, lalu dengan aplikasi ES File Explorer ini, chat yang ada di internet itu akan ditarik dan ditampilkan di ponsel Android Anda.

Jika Anda kehilangan chat di FB messenger dan ingin melihatnya lagi, maka segera unduk aplikasi ES File Explorer ini. Cara penggunaannya adalah sebagai berikut:

  • Unduh aplikasi ES File Explorer di Play Store Google, lalu pasang atau instal.
  • Buka aplikasi ES File Explorer, pilih folder Android, setelah terbuka, pilih folder Data.
  • Selanjutnya dalam folder Data, Anda akan menemukan beberapa folder, lalu pilih folder com.facebook.orca, dimana Facebook Messanger terdapat dalam folder tersebut.
  • Lalu pilih folder Cache, dimana dalam folder ini tersimpan semua file temporary yang direkam oleh facebook messanger tersebut. Maka Anda akan menemukan chat yang pernah Anda lakukan sebelumnya.
  1. Pyno

    Aplikasi Recent Notification Pyno

    Pyno

Aplikasi ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan seperti:

  • Pesan lama yang belum atau sudah dibaca tapi sudah terhapus
  • Mencari kata kunci dari pesan yang akan dicari
  • Menampilkan history chat sebelumnya
  • Menemukan awal atau permulaan dari history chat

Semua aplikasi diatas bisa didapatkan secara gratis dengan cara diunduh dari Play Store Google. Dengan adanya aplikasi recent notification tersebut, Anda tidak perlu lagi takut kehilangan jejak atas chat yang sudah terhapus, dan mengurangi kebiasaan user lain yang sering mengirimkan pesan yang tidak bertanggung jawab.

 

1 Comment

Add a Comment
  1. Artikel yang bermanfaat gan. Jadi, tambah referensi lagi aplikasi-aplikasi yang sama fungsinya seperti Recent Notification. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *