5 Aplikasi Stem Gitar Terbaik untuk Android

Bermain gitar adalah sesuatu yang menyenangkan, dan bisa menghilangkan rasa bosan. Bahkan dengan bermain gitar  kita juga bisa menghasilkan sebuah karya. Tapi, apa jadinya kalau gitar yang kita mainkan memiliki tune yang fals? tentu nada-nada yang tadinya terdengar indah akan sirna seketika layaknya orang yang baru diputusin, uhh.

Kalau kamu sudah bermain gitar sejak tahun 2000an saya yakin cara stem gitarnya memakai lagu Semua Tentang Kita, iya kan? Sekarang tidak perlu pake lagu itu juga bisa kok, soalnya sudah banyak aplikasi tentang musik yang bertebaran, misalnya aplikasi untuk aransemen musik, virtual drum, dan yang akan kita bahas kali ini adalah aplikasi stem gitar terbaik untuk android terbaik.

Dengan adanya aplkasi stem gitar untuk android tentu akan membawa kepraktisan bagi kamu. Selain itu, kamu juga tidak perlu ragu terhadap tune yang dihasilkan, karena aplikasi stem gitar dibawah sudah terjamin ketepatan membaca nadanya.

1. Akurat Chromatic Tuner

Akurat Chromatic Tuner

Memiliki fitur deteksi nada yang kuat melalui mikrofon di perangkat kamu, aplikasi ini juga dibekali berbagai fitur menarik lainnya, seperti menyediakan frekuensi sesaat sekaligus nilai rata-rata selama beberapa detik, responsif volume gauge dengan cutoff yang mudah disesuaikan, mampu menyeleksi berbagai pengaturan tuning instrumen, dan masih banyak lagi. Tidak hanya gitar yang dapat distem, alat musik lain seperti banjo, bass, dan ukelele juga bisa diatur nadanya melalui aplikasi ini. Dilihat dari tampilannya, Akurat Chromatic Tuner sama dengan namanya, yaitu sangat mementingkan keakuratan nada untuk penggunanya.

2. Menyetem Gitar – Ukulele, Gitar Akustik & Listrik

aplikasi stem gitar android terbaik-Menyetem Gitar - Ukulele, Gitar Akustik & Listrik

Aplikasi ini mampu membantu kamu menyetem gitar dengan sempurna dan tepat, baik untuk gitar listrik, akustik, bahkan pada ukelele. Tidak hanya itu, tune yang dihasilkan juga beragam, seperti E flat, Open D, Minor Third, Mayor Third, dan banyak lagi. Memliki rating yang bagus pada PlayStore (4,5), aplikasi besutan Gismart ini juga terus melakukan pembaruan (terakhir saya lihat Juni 2017), dan telah digunakan oleh 10 – 50 juta orang didunia.

3. PitchLab Guitar Tuner (PRO)

aplikasi stem gitar android terbaik- PitchLab Guitar Tuner (PRO)

Dengan tampilan yang sederhana dan menyerupai gitar itu sendiri, PitchLab Guitar Tuner (PRO) sangat mudah digunakan. Jika nada yang kamu petik kurang tinggi, maka aplikasi ini akan mengeluarkan perintah “Tune Up”, sebaliknya jika nada yang dihasilkan kurang rendah maka akan mengeluarkan indiskasi “Tune Down”. Fitur Transposisi yang ada pada aplikasi ini juga sangat lengkap, mulai dari F#(-6) sampai F (+5). Melihat komentar pengguna pada PlayStore, guitar tuner ini terbilang sangat bagus.

4. Cleartune – Chromatic Tuner

aplikasi stem gitar android terbaik-clear tune

Berdasarkan pernyataan dari pihak aplikasi ini, Cleartune – Chromatic Tuner telah digunakan oleh lebih dari setengah juta pengguna termasuk berbagai nama beken didunia, seperti The Killers, The Gorillaz,  Nicole Atkins, The Black Keys, dan Rosanne Cash. Dibekali kemampuan untuk menemukan tune yang sempurna, aplikasi ini juga mampu unutk melakukan transposisi nada, Hadir dengan tampilan yang menarik, aplikasi ini dapat kamu unduh dengan membayar Rp. 47.130.

5.  DaTuner (Lite)

aplikasi stem gitar android terbaik-DaTuner

Dilihat dari video tutorial yang diterbitkan oleh pihak DaTuner sendiri, aplikasi ini menggunakan fitur auto-senstivitas, artinya kamu langsung bisa stem gitar tanpa konfigurasi terlebih dahulu. Selain itu, perubahan warna hijau akan menunjukkan bahwa tune gitar kamu sudah tepat, sedangkan warna orange akan menandakan bahwa suara gitarnya belum pas.

Walaupun kita hidup dijaman yang semuanya serba canggih, namun saya sarankan untuk melatih naluri alami kamu terhadap nada gitar yang dihasilkan, hal ini akan sangat membantu jika kamu ingin menjadi pemusik professional.

Itulah beberapa aplikasi stem gitar android pilihan saya, jika teman-teman punya rekeomendasi aplikasi yang lain silahkan untuk berkomentar yah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *