Aplikasi untuk Screenshot Video

Aplikasi untuk Screenshot Video – Anda tentu sering melihat di internet berbagai video tutorial, dimana video yang ditunjukkan adalah berupa aktivitas yang langsung dipraktekkan atau dilakukan pada layar ponsel maupun komputer. Video tersebut dihasilkan dengan cara merekam secara langsung dari layar ponsel atau desktop.

Jika Anda ingin membuat sebuah video dengan cara merekam dari layar ponsel maupun laptop, maka Anda bisa menggunakan sebuah aplikasi untuk melakukan perekaman tersebut dengan cara screenshot (menembak layar).

Baca Juga :  Aplikasi untuk Memotong Video di Android Terbaik

Untuk melakukan screenshot tersebut, Anda membutuhkan aplikasi khusus yang sudah tersedia di Operation System (OS) Android. Aplikasi untuk screenshot video ini biasanya digunakan untuk merekam game online di ponsel, pembuatan video tutorial, merekam video call (panggilan suara dan gambar) dan sebagainya.

Aplikasi tersebut tidak disediakan secara langsung di OS Android, jadi Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu di Playstore, dan Anda bisa memilih beberapa aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Aplikasi Screenshot Video Di Android

  1. Mobizen Screen Recorder

    aplikasi untuk screenshot video_Mobizen Screen Recorder
    Mobizen Screen Recorder

Jika Anda menggunakan aplikasi ini, setelah Anda merekam layar ponsel Android Anda, selanjutnya Anda dapat mengedit hasil rekaman tersebut. Misalnya Anda sedang merekam game mobile yang Anda mainkan di ponsel, Anda bisa menambahkan informasi lain dalam video itu, seperti nama, tanggal dibuat dan sebagainya.

Fitur fron-facing camera yang terdapat dalam aplikasi ini, berfungsi untuk merekam wajah Anda. Seperti contoh diatas, jika Anda sedang merekam game mobile yang sedang dimainkan, maka Anda bisa merekam reaksi wajah Anda sekaligus dalam video screenshot tersebut.

Untuk resolusi yang dihasilkan, Anda bisa memilih antara 240px sampai dengan 1080px sesuai kebutuhan Anda. Ini adalah resolusi video yang standard digunakan untuk berbagai keperluan.

 

 

  1. Screen Recorder With Audio And Editor & Screenshot

    aplikasi untuk screenshot video_Screen Recorder With Audio And Editor & Screenshot
    Screen Recorder With Audio And Editor & Screenshot

Dikembangkan oleh Genius Recorder, tidak membutuhkan akses root sehingga bisa digunakan untuk berbagai perangkat.

Anda dapat menambah fitur facecam, yaitu merekam wajah Anda dan menggabungkannya dengan video yang Anda hasilkan dengan screenshot. Anda juga bisa mengatur kualitas video yang direkam. Semakin bagus kualitas yang dibuat, maka semakin besar kapasitas video tersebut.

 

 

  1. REC Screen Recorder HD

    aplikasi untuk screenshot video_REC Screen Recorder HD
    REC Screen Recorder HD

Jika Anda ingin merekam video dengan durasi yang cukup lama, maka aplikasi untuk screenshot video ini merupakan pilihan yang tepat untuk Anda. Karena REC Screen Recorder HD ini bisa merekam selama 1 jam durasi.

 

 

  1. Game Duck

    Aplikasi untuk Screenshot video_Game Duck
    Game Duck

Aplikasi ini cocok digunakan untuk para pemain mobile game, yang ingin merekam walkthrough game Anda dari ponsel, sekaligus juga dapat merekam wajah Anda yang menampilkan reaksi Anda ketika sedang bermain game tersebut.

Aplikasi ini juga memiliki komunitas atau grup yang dapat dibentuk di dalam aplikasi. Sehingga jika Anda masuk menjadi anggota komunitas tersebut, Anda bisa mengirim video screenshot Anda dan juga dapat melihat video dari para member lainnya, serta saling bertukar pendapat dan berinteraksi.

 

 

  1. AZ Screen Recorder

    aplikasi untuk screenshot video_AZ Screen Recorder
    AZ Screen Recorder

Sama halnya dengan Game Duck diatas, aplikasi untuk screenshot video ini juga sangat cocok digunakan untuk para pemain game mobile.

Dengan tampilan dan fitur yang sangat ringan, Anda dapat menggunakannya pada berbagai tipe smartphone, tanpa membutuhkan akses root, serta Anda juga dapat mengkustom sesuai kebutuhan Anda.

Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah bebas dari watermark (background yang berisi informasi nama atau website dari pemilik aplikasi). Sehingga jika Anda selesai merekam dan ingin mengunggah ke media sosial, tidak terlihat watermark dalam video, yang berarti bahwa video tersebut adalah milik Anda.

 

 

  1. Telecine

    aplikasi untuk screenshot video_Telecine
    Telecine

Aplikasi untuk screenshot video ini sering digunakan untuk pembuatan video tutorial. Misalnya Anda ingin membuat tutorial tentang bagaimana cara menghapus pesan di whatsup, maka Anda nyalakan terlebih dahulu aplikasi tersebut.

Setelah aktif, Anda mulai melakukan cara menghapus pesan di whatsup dengan menekan tombol-tombol di ponsel secara lengkap tentang tahapan-tahapan, bisa juga disertai dengan suara panduan atau tanpa suara.

Maka aplikasi Telecine ini akan merekam semua yang Anda kerjakan dalam ponsel tersebut menjadi sebuah video, dan Anda siap membagikannya ke media sosial.

 

 

  1. Google Play Games

    aplikasi untuk screenshot video_Google Play Games
    Google Play Games

Aplikasi ini juga berfungsi untuk merekam permainan pada mobile game Anda, sehingga Anda bisa membagikan tips dan trik permainan game Anda ke orang lain atau media sosial. Namun aplikasi ini hanya mampu membuat video dengan kualitas maksimal 720 pixel.

Google Play Games ini dimiliki oleh Android, namun bukan aplikasi bawaan, sehingga membutuhkan proses unduh jika ingin menggunakan aplikasi tersebut.

 

 

  1. Super Screen Recorder

    aplikasi untuk screenshot video_Super Screen Recorder
    Super Screen Recorder

Satu lagi aplikasi untuk screenshot video yang terbaik dan bisa menjadi pilihan Anda jika ingin merekam aktivitas di ponsel Android tanpa batasan waktu.

Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah Anda bisa membuat watermark sendiri dalam video, sehingga membuat video ini merupakan hak milik Anda dan tidak dicuri atau dianggap hak milik orang lain.

Aplikasi ini bisa diunduh dengan berbagai spesifikasi smartphone, karena tidak membutuhkan akses root dan cukup ringan untuk digunakan, namun kekurangan utamanya terletak pada RAM pada ponsel akan tersedot dengan menggunakan aplikasi ini.

 

 

  1. DU Recorder

    aplikasi untuk screenshot video_DU Recorder
    DU Recorder

Motto dari aplikasi untuk screenshot video yang satu ini adalah “Cukup 1 ketukan untuk merekam segalanya”. Penggunaannya memang sangat praktis dan mudah. Anda tinggal membuka aplikasi DU Recorder, tekan tombol Play, maka semua aktivitas Anda pada ponsel akan terekam.

Seperti yang lainnya, aplikasi yang menghasilkan kualitas video yang tinggi dan halus ini bisa Anda unduh secara gratis pada Play Store Android Anda. Anda bisa merekam berbagai kegiatan seperti Mobile Game, Video tutorial, maupun Video Call di ponsel Anda.

 

 

  1. Background Video Recorder

    aplikasi untuk screenshot video_Background Video Recorder
    Background Video Recorder

Aplikasi ini bisa merekam secara diam-diam, dengan cara menggunakan background pada ponsel Anda, yang secara otomatis dapat merekam setelah Anda setting terlebih dahulu, dan objek yang direkam tidak menyadari bahwa Anda sedang merekamnya.

Aplikasi ini biasanya dibutuhkan dan digunakan oleh orang yang sedang melakukan pengintaian terhadap sesuatu, dan hanya membuat pengaturan sedikit, maka aplikasi ini akan bekerja untuk merekam apa yang Anda inginkan.

Anda juga dapat membuat jadwal tertentu atau skedul otomatis seperti alarm, maksudnya jika Anda akan melakukan perekaman 1 jam ke depan, Anda tinggal mengaturnya pada perangkat, maka 1 jam ke depan ponsel Anda akan bekerja secara otomatis tanpa perlu Anda perintahkan kembali.

Selain merekam dengan menggunakan background ponsel, Anda juga bisa melakukan perekaman dengan menggunakan kamera. Durasi maksimal untuk rekaman dengan aplikasi ini adalah maksimal 30 menit.

 

 

  1. Tornaco Screen Recorder

    aplikasi untuk screenshot video_Tornaco Screen Recorder
    Tornaco Screen Recorder

Aplikasi ini juga bisa diunduh secara gratis di Android Anda. Namun aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk spesifikasi ponsel tertentu, yaitu Android 5.0 Lollipop keatas.

Dengan aplikasi ini Anda dapat merekam berbagai kebutuhan juga, dan yang paling sering direkam dengan aplikasi ini adalah video tutorial serta video call.

 

 

Kekurangan dari semua aplikasi untuk screenshot video diatas adalah banyak iklan pop up yang sering mengganggu pengguna. Namun jika dibandingkan dengan kelebihan dari aplikasi tersebut, dimana aplikasi yang diunduh adalah gratis, maka iklan tersebut bisa dianggap wajar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *