Beberapa Cara Mengatasi “Error Establishing a Database Connection” di WordPress

Mengatasi Error Establishing a Database Connection WordPress

Pernahkan saat membuka WordPress muncul tulisan seperti ini “Error Establishing a Database Connection” ? Jika pernah, di tutorial kali ini saya akan membahas bagaimana cara memperbaiki Error establishing a database connection WordPress. Semoga dengan membaca artikel saya ini, kalian bisa mencari tahu penyebab terjadinya error dan bagaimana cara memperbaikinya.

WordPress merupakan salah satu platform yang paling mudah digunakan baik bagi pemula maupun yang sudah profesional. Namun, tidak menutup kemungkinan juga kalau Anda tidak akan menemukan masalah atau error saat mengelola platform ini. Sebagai contoh, WordPress Anda bisa saja mengalami Error establishing a database connection. Untuk mengatasi error ini, sedikit tricky karena penyebabnya lebih dari satu.

WordPress diolah dengan bahasa PHP dan MySQL. Halaman web pun dibuat dengan cepat. PHP code mengakses database MySQL Kalian dan memperoleh semua informasi yang diperlukan untuk membuat halaman web. Satu PHP query dibutuhkan untuk menuliskan judul post, satu PHP query untuk mendokumentasikan nama penulis, satu PHP query lainnya untuk mencari tanggal publikasi, dan lain-lain. Pesan Error establishing a database connection mengindikasikan adanya beberapa penyebab sehingga PHP code tidak berhasil terhubung ke database MySQL. Maka dari itu, PHP code tidak bisa memperoleh informasi yang dibutuhkan untuk membuat halaman web.

Error establishing a database connection adalah sebuah kalimat yang menakutkan bagi para pemilik WordPress atau situs di dunia maya. Pasalnya, pesan ini menandakan bahwa anda tidak lagi bisa berkomunikasi dengan database jasa domain Anda. Dengan kata lain, website anda pun menjadi down alias tidak bisa diakses lagi. Satu hal yang sering dilakukan oleh pemilik situs adalah langsung panik ketika mereka mendapat pesan ini. Padahal masalahnya tidak separah yang anda bayangkan. Hanya saja, jika pesan error establishing a database connection ini muncul, anda harus segera melakukan penanganan. Karena hal ini akan berpengaruh terhadap traffic yang dimiliki web anda. Anda pun akan semakin kesulitan untuk bersaing dengan para competitor.

Ada banyak penyebab mengapa website kalian bermasalah saat ingin terhubung ke database. Pada umumnya, ada beberapa jenis penyebabnya, yaitu:

  • Kesalahan informasi login database MySQL. Ini terjadi karena kredensial login database yang salah. Hal ini terjadi karena situs yang menghubungkan kepada MySQL Database menggunakan informasi loginnya secara terpisah. Jika baru-baru ini kalian mengubah username dan password database, tetapi lupa tidak mengupdatenya di kode PHP, atau mungkin kalian memasukkan informasi ke database WordPress yang berbeda dari akun hosting, maka website WordPress kalian akan mengalami kesulitan saat terhubung ke database. Hal ini dapat menyebabkan error.
  • Satu atau beberapa plugin bermasalah. Karena database yang rusak, biasanya itu dikarenakan tindakan pemilik situs yang berkali-kali merubah tema dan plugin yang dimiliki. Jadi mereka melakukan install, delete dan install lagi begitu seterusnya. Jika ini dilakukan secara rutin maka sejumlah komponen yang ada di plugin tersebut berpotensi secara tidak sengajar rusak atau malah terhapus. Akibatnya munculah masalah error establishing a database connection ini. Terkadang, plugin yang bermasalah juga bisa menjadi penyebab mengapa WordPress mengalami error pada saat membuat koneksi.
  • Ada hacker yang menyerang situs anda. Kemungkinan juga hal ini terjadi karena mereka melakukan cara tersendiri untuk merusak file yang sudah diinstal di WordPress yang anda miliki. Cara ini rentan terjadi jika anda malas dalam melakukan maintenance dan tidak memberikan perlindungan yang berkala kepada situs yang anda miliki.
  • Server database down. Problem tersebut juga bisa terjadi karena ada kesalahan yang dilakukan hosting yang anda gunakan. Biasanya masalah pada hosting tersebut terjadi karena adanya overload database dan terlalu banyak permintaan yang dilakukan. Hal ini juga akan semakin rumit apabila ada beberapa pengguna lain yang masuk di server yang sama. Kadang-kadang server database kalian down atau mengalami error karena penyedia web hosting yang kalian gunakan saat ini menemui beberapa kendala. Atau bisa jadi traffic ke website kalian tiba-tiba meningkat. Kalau sudah begitu, koneksi dari website ke database akan bermasalah dan akan muncul pesan error.

Error Establishing a Database Connection

  1. Yang Harus dilakukan

  • Login ke akun hosting control panel di mana WordPress terinstall
  • Memiliki pemahaman dasar mengenai struktur file WordPress.
  1. Mencari Letak Error

Pastikan dahulu error yang terjadi di front-end situs yoursite.com juga terjadi di back-end situs yoursite.com/wp-admin (ganti yoursite.com dengan URL homepage WordPress kalian). Jika pesan error untuk kedua halaman web sama – Error establishing a database connection. Namun, bilamana pesan error yang dimunculkan di website kalian berbeda dari ketika saat login – One or more database tables are unavailable. The database my need to be repaired, maka kalian disarankan untuk memeriksa dan memperbaiki database kalian.

Ada dua pilihan – Repair Database dan Repair and Optimize Database. Kalian bisa memilih salah satunya. Namun, apabila Kalian memilih untuk memperbaiki database terlebih dulu, maka Kalian harus ingat jika proses optimasi membtuhkan waktu lebih lama. Sedangkan apabila Kalian memilih untuk memperbaiki dan mengoptimalkan database, maka proses perbaikan dan optimasi bisa dilakukan secara bersama-sama.

Perlu diingat bahwa halaman repair database tidak aman dan siapa pun bisa mengaksesnya tanpa harus login. Oleh karena itu, segera setelah Kalian memperbaiki database, hapus baris kode yang telah ditambahkan ke file wp-config.php.

Untuk sementara, jangan tutup wp-config.php sampai Kalian yakin jika error sudah diatasi dan website kembali berfungsi. Mengecek Pengaturan Koneksi Database di wp-config.php

Jika cara di atas tak kunjung mengatasi error yang terjadi, maka langkah berikutnya adalah mengecek pengaturan database Kalian di file wp-config.php.

Pada langkah 2, saya akan mengecek informasi login database. Nantinya file wp-config.php akan Kalian butuhkan lagi. Jika secara tidak sengaja Kalian sudah menutup file tersebut setelah melakukan langkah pertama, maka login ke File Manager atau akun FTP,  dan cari file inti WordPress dan temukan file wp-config.php Kalian. Buka file dan cek informasi login database yang telah dimasukkan.

Cara yang paling bagus dan mudah untuk memastikan bahwa informasi yang dimasukkan sesungguhnya benar adalah dengan membandingkan value di atas dengan informasi database MySQL. Untuk membandingkannya, Kalian harus membuka MySQL Databases di control panel akun hosting Kalian.

Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Hostinger control panel

Setelah masuk ke bagian MySQL Databases, cari List of Current MySQL Databases And Users. Di bagian ini, Kalian akan menemukan daftar seluruh database dan user yang dapat digunakan untuk website Kalian. Informasi yang akan saya cari tersimpan di kolom MySQL Database, MySQL User, dan MySQL Host. Rencananya, saya akan menyocokkan value di kedua kolom tersebut dengan value DB_NAME, DB_USER, dan DB_HOST yang ada di dalam file wp-config.php.

Pastikan jika value dari wp-config.php cocok dengan value yang terdaftar di MySQL databases Hostinger. Jika tidak cocok, update file wp-config.php Kalian dengan value yang benar dan jangan lupa untuk menyimpan perubahan.

Refresh website WordPress. Jika koneksi database kalian tetap saja error, bisa jadi password untuk password user MySQL dan password value yang ada di wp-config.php tidak sesuai. Jika benar demikian, Kalian hanya perlu reset password user MySQL. Klik ikon + di dekat database MySQL dan klik tombol Change Password.

Update wp-config.php dengan membuat password baru, kemudian refresh WordPress Kalian. Jika perubahan yang Kalian lakukan tidak ada hasilnya, maka kemungkinan besar WordPress menggunakan table prefix yang salah. Cek table prefix dengan mengakses phpMyadmin dan membuka database WordPress. Periksa table prefix dan pastikan jika table prefix tersebut sesuai dengan value yang ada di dalam file wp-config.php,

Setelah masuk ke MySQL Databases, cari Current Databases yang menyimpan seluruh daftar database dan user yang dapat digunakan untuk website kalian. Informasi yang akan saya tersimpan di kolom Database dan Privileged Users. Rencananya, saya akan menyocokkan value di dua kolom tersebut dengan value DB_NAME dan DB_USER yang ada di dalam file wp-config.php.

  • Mengecek value nama database

Jika Current Databases tidak memiliki daftar database yang ditunjukkan dalam file wp-config.php dengan nama value DB_NAME , maka itu berarti database hilang. Hal ini biasa terjadi ketika sebuah website ditransfer ke penyedia hosting yang baru dan database tidak sepenuhnya dipindahkan. Saya sarankan untuk menghubungi tim support penyedia layanan hosting kalian dan meminta mereka untuk memindahkan/merestore sepenuhnya database WordPress kalian. kalian perlu membuat database baru dan mengisi kontennya dengan backup database WordPress Kalian.

  • Mengecek login username value

Selanjutnya, kita akan mengecek kolom Privileged Users. Sebagai contoh, sekilas kita bisa melihat bahwa kolom Privileged Users memiliki daftar username yang berbeda dibandingkan dengan daftar yang ditunjukkan dalam file wp-config.php  – yang terakhir tidak ada trailing ‘0’. Setelah mengupdate value DB_USER  dari somuvnet_wp67 ke somuvnet_wp670, kita membetulkan username yang salah. Pastikan untuk merefresh website WordPress Kalian untuk mengecek apakah langkah ini bisa mengatasi error.

  • Menambahkan hak akses user yang hilang

Ketika memindahkan WordPress ke penyedia layanan hosting lainnya atau ketika WordPress diinstall secara manual, pengguna mungkin saja lupa untuk menambahkan (add) user ke database. Masalah semacam ini biasanya muncul di control panel yang mensupport hak akses user tingkat lanjut. Dalam kasus ini, area Privileged Users kosong.

Untuk memperbaiki kesalahan ini, gunakan Add User To Database yang ada di bagian bawah:

* Pertama-tama, cari Current Users dan cek jika DB_USERvalue dari wp-config.php terdaftar di sini.

* Jika telah terdaftar, pilih user di dropdown field Add User To Database -> User, lalu pilih database yang saling terkait di dropdwon field Databasedan klik  Kalian akan diminta untuk membuat hak akses – pilih All Privileges, klik Make Changes dan kembali ke halaman sebelumya dengan mengklik Go Back.

* Jika tidak terdaftar, gunakan Add New User untuk membuat username MySQL. Kalian harus memasukkan username atau suffix di kolom Username. Sebaiknya gunakan Password Generator untuk kolom Password.

Secepatnya update value DB_PASSWORD dalam file wp-config.php dan gantikan dengan value baru sehingga value tersebut tidak hilang saat proses dijalankan.

Setelah user ditambahkan (dibuat), Kalian harus menjalankan langkah sebelumnya (langkah 2) untuk menambahkan user tersebut ke database. Setelah itu, pastikan untuk merefresh website WordPress Kalian guna mengecek apakah error telah teratasi.

Error Establishing a Database Connection

  • Mengecek database host value

Jika cara di atas tidak berhasil menyelesaikan error, berarti ada dua informasi yang diisi dengan tidak benar – password untuk login atau host database. Database host value biasanya disediakan bersamaan dengan informasi akun. Sebaiknya Kalian mengecek kembali informasi ini dengan penyedia layanan hosting Kalian jika database host value sulit dtemukan di akun setup emails atau control panel. Jika Kalian mengubah database host value, refresh website WordPress untuk mengecek apakah cara ini sudah mengatasi error.

  • Mengecek login password value

Login password dapat diupdate dengan cepat menggunakan MySQL Databases -> Current Users di control panel.

  • Cari user yang hendak diupdate passwordnya di kolom Users dan klik Change Password di respective row.
  • Gunakan value DB_PASSWORD dari file wp-config.phpatau buat password baru dengan Password Generator. Apabila kalian ingin membuat password baru, jangan lupa untuk update value DB_PASSWORD di dalam file wp-config.php dengan password yang baru saja dibuat.
  • Klik Change Password.

Jadi, file wp-config.php digunakan untuk mengecek semua yang telah disebutkan di atas. Pastikan untuk merefresh website WordPress kalian guna mengecek apakah error sudah bisa diatasi. Jika masih terdapat error, lanjutkan ke cara terakhir.

  1. Mengecek Value Table Prefix

Pastikan table prefix kalian sudah benar. Buka database WordPress melalui php Myadmin dan cari value yang sesuai dengan value yang sudah dibuat di dalam fle wp-config.php.

  1. Mematikan Plugin WordPress

Apabila dua langkah di atas tidak juga mengatasi error establishing a database connection, maka tak ada salahnya Kalian mengecek plugin WordPress. Matikan semua plugin terlebih dulu dan cek apakah website Kalian sudah kembali berfungsi normal atau belum. Jika website sudah normal, maka bisa ditarik kesimpulan jika penyebab error establishing a database connection WordPress adalah plugin. Setelah itu, cari plugin yang menyebabkan error tersebut.

Berikut langkah-langkah yang bisa kalian lakukan untuk mematikan plugin WordPress.

  • Login ke akun dengan FTP client
  • Cari file core WorPress, dan temukan folder yang diberi nama wp-content. Buka folder tersebut. Setelah itu, cari folder plugins.
  • Ganti nama folder tersebut dengan nama lain, seperti plugins-disabled. Penggantian nama ini hanya untuk ‘memanipulasi’ WordPress bahwa folder tersebut bukanlah folder plugin.
  • Cek website apakah error sudah teratasi atau belum.

Untuk mencari plugin penyebab error, lakukan langkah-langkah berikut:

  • Ganti nama folder kembali ke plugins dan buka foldernya.
  • Ganti nama plugin satu per satu ke nama yang berbeda untuk memastikan bahwa WordPress tidak akan meload plugin tertentu. Misalnya, ganti saja nama plugin ke akismet-disabled.
  • Cek website setiap kali plugin dimatikan untuk mengetahui apakah error sudah teratasi atau belum.
  1. Mengganti File Core WordPress

Buat backup penuh dari webste kalian sebelum melakukan langkah keempat ini. Panduan cara mengunduh backup website dapat dibaca di sini.

Jika error pada database WordPress masih juga terjadi, maka opsi berikutnya yang bisa kalian lakukan adalah mengganti file core WordPress. Pada sebagian besar kasus, file yang rusak atau terinfeksi akan mengganggu koneksi ke database. Karena itulah, sebaiknya ganti file-file tersebut dengan salinan file core WordPress yang masih baru dan belum terinfeksi apa pun.

Berikut cara-cara yang kalian harus lakukan untuk mengganti file core WordPress:

  • Ganti file core WordPress secara manual dengan cara mengunduh versi terbaru WordPress dan ekstrak foldernya.
  • Hapus direktori wp-includes dan wp-admin pada server.
  • Upload versi baru dari folder-folder tersebut.
  1. Menghubungi Perusahaan Hosting Kalian

Apabila semua langkah di atas sudah coba kalian terakan tetapi website tetap saja menampilkan pesan Error establishing a database connection, maka Kalian harus mencoba menghubungi penyedia hosting Kalian. Bisa jadi masalahnya terletak di penyedia hosting. Setelah terhubung dengan Customer Support-nya, sampaikan masalah yang Kalian alami dan apa saja yang sudah dilakukan untuk mengatasi error tersebut.

Namun sebelum menghubungi penyedia hosting, lakukan satu langkah lagi untuk mencari tahu peyebab Error establishing a databse connection. Kemungkinan yang terjadi adalah database di end penyedia hosting kalian offline.

Untuk mengecek apakah database benar-benar offline, jalankan PHP script ini. Script ini dapat menganalisa apakah situs kalian bisa mebuat koneksi ke database. Berikut scriptnya:

Berdasarkan script di atas, kalian hanya harus memasukkan nama server (biasanya dengan format yang diberikan oleh penyedia hosting), nama spesifik database yang hendak dihubungkan, serta username dan password MySQL. Saya telah membuat daftar tentang value yang diambil dari salah satu tutorial saya yang memuat penjelasan tentang cara membangun koneksi ke database MySQL melalui PHP.

Buat variable baru $conn yang akan catch value kembali dari metode mysqli_connect(). Jika variable ini kosong, maka akan muncul pesan Connection failed: <error_name>. Namun, bilamana koneksi berhasil dibuat, maka pesan Connected successfully akan ditampilkan di layar.

Manfaatkan script di atas untuk mengetahui apakah database offline atau tidak. Informasi semacam ini sunggulah berguna untuk diberitahukan ke provider web hosting Kalian.

Artikel ini membahas bagaimana cara mengatasi Error establishing a database connection WordPress. Dengan mengikuti cara yang tepat, kalian bisa menangani error yang disebabkan oleh rusaknya database atau kesalahan database connection value di file wp-config.php . Kemungkinan penyebab berasal dari end penyedia layanan hosting. Namun, tidak ada salahnya untuk terlebih dulu mengikuti cara-cara di atas sebelum menghubungi tim support hosting kalian.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *