Cara Backup Chat WhatsApp

Cara Backup Chat WhatsApp – Backup data adalah sesuatu yang sangat penting untuk dilakukan, karena kita tidak akan tahu kapan data tersebut akan hilang. Termasuk chat WhatsApp, saat kita sudah memiliki ribuan chat dengan gebetan atau pacar, tentu akan sangat sayang jika hilang begitu saja.

Baca Juga :  10 Fitur WhatsApp yang Sering Kamu Abaikan

Baca Juga : Cara Save Story WhatsApp Tanpa Aplikasi

Maka dari itu, untuk jaga-jaga alangkah baiknya kita membackup chat whatsapp secara rutin, bisa per bulan, minggu, bahkan hari. Jadi, jika suatu saat terjadi sesuatu pada WhatsApp kamu, kamu tidak perlu khawatir lagi akan kehilangan kenangan chat yang sudah ada, karena bisa dikembalikan saat kamu memulihkannya lagi.

Cara Backup Chat WhatsApp Melalui Google Drive

1.  Klik icon tiga titik di pojok kanan atas.

2. Pilih Setelan> Chat.

cara bakcup chat whatsapp1

Klik Chat

3. Lalu masuk ke  Cadangkan Chat.

cara bakcup chat whatsapp2

Klik Cadangkan Chat

4. Kemudian klik Cadangkan ke Google Drive. Disini kamu bisa memilih akan memilih backup chat whatsapp harian, mingguan, atau bulanan.

cara bakcup chat whatsapp3

Klik Cadangkan ke Google Drive

5. Seumpama saya memilih harian, maka akan muncul email yang akan digunakan untuk membackup chat WhatsApp tersebut. Jika belum ada email yang muncul, silahkan klik tambah akun.

cara bakcup chat whatsapp5

Memilih Email

6. Jika akun sudah ditambahkan, maka langkah selanjutnya adalah klik  Cadangkan Melalui. Silahkan pilih Wifi atau Seluler. Sesuaikan saja dengan apa kebutuhan kamu.

7. Dan langkah yang terakhir untuk backup chat WhatsApp adalah klik tulisan Cadangkan berwarna Hijaucara bakcup chat whatsapp6

7. Tunggu prosesnya, biasanya akan memakan waktu yang cukup lama (tergantung kecepatan internet dan besarnya chat wa yang dibackup)

8. Chat WhatsApp kamu telah berhasil dibackup!

 

Cara Memulihkan Chat WhatsApp yang Telah di Backup

1. Untuk mengembalikan chat WhatsApp yang sebelumnya telah dihapus cukup mudah, kamu hanya perlu Install ulang WhatsApp terlebih dahulu. Atau cara mudahnya silahkan pergi ke Pengaturan > Aplikasi > Manajer Aplikasi > cari WhatsApp >  klik Hapus Data.

2. Lakukan pendaftaran menggunakan nomor yang sama dengan sebelumnya

3. Setelah verifikasi nomor dilakukan, maka secara otomatis WhatsApp akan mencari Cadangan. Setelah ditemukan, silahkan klik Pulihkan.

4. Tunggu beberapa saat sampai proses memulihkan pesan selesai.

5. Setelah selesai, langsung saja klik Lanjut.

6. Isi data nama seperti biasa.

7. Selamat, chat WhatsApp kamu sudah berhasil dipulihkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *