Cara Melacak HP yang Hilang

Momen dimana kita kehilangan HP adalah kejadian yang paling menyebalkan, apalagi jika HP yang dibeli masih baru. Aduh! pasti pikiran kacau. Waktu itu saya pernah dimintai bantuan oleh teman saya untuk mencari/ melacak hpnya yang hilang. Hasilnya? tentu berhasil. Itulah alasan saya menulis artikel cara melacak hp yang hilang dengan harap bisa membantu teman-teman semua.

Perlu kalian tahu, untuk melacak hp yang hilang ada banyak faktor yang mempengaruhi agar cara ini berhasil. Jadi, hp yang akan kita lacak harus dalam keadaan On data, dan sudah login gmail. Untuk memenuhi 2 hal tersebut menurut saya sedikit sulit, masalahnya jika hp kalian hilang karena “dicuri”, kita harus adu cepat dengan si pencuri dalam mengamankan hp. Lain halnya jika hp kalian “jatuh”, kesempatan untuk menemukan hp yang hilang masih terbuka lebar, dengan harap hp yang jatuh tadi belum diambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab, hehe.

Tapi jangan patah semangat, apa salahnya berharap? lebih baik cari yang baru lagi. Eh, maksudnya kita langsung saja mencoba menerapkan cara melacak hp yang hilang. Sebelum itu, saya ingatkan lagi kalian harus menyiapkan alat dan hal yang harus dibutuhkan dibawah ini

Laptop/ komputer/ hp (bisa pinjem punya keluarga atau temen ya)

Koneksi Internet (baik di alat yang kita gunakan untuk melacak, maupun hp yang hilang)

Pastikan kamu ingat username dan password akun gmail kamu di hp yang hilang

Berikut ini adalah Cara Melacak HP yang Hilang dengan Gmail

1. Silahkan kamu kunjungi alamat Google Find Device disini

2. Lalu kamu akan diminta memasukkan username beserta passwordnya

melacak hp yang hilang1

Masuk ke akun gmail

3. Langsung saja klik Next

4. Nah, disini kamu sudah bisa melacak hp kamu yang hilang.  Silahkan klik 2 kali icon hp berwarna hijau untuk memperjelas posisi hp kamu saat itu.

melacak hp yang hilang

Tampilan Google Find Device

5. Kamu juga bisa menggunakan 3 fitur tambahan dari Google Find Device agar pelacakan hp menjadi lebih mudah.

melacak hp yang hilang2

FItur-fitur Google Find Device

6. Fitur yang pertama adalah Putar Suara, kamu bisa membunyikan hp yang hilang selama 5 menit walaupun dalam keadaan hening. Tapi saya sayarankan jangan gunakan fitur ini jika posisi hp masih jauh dari jangkauan kamu, karena akan memberi tanda kepada si pencuri bahwa hpnya sedang dilacak. Fitur ini akan tepat digunakan jika kamu sudah dekat dengan lokasi hp.

7. Selanjutnya ada Fitur Kunci, dengan fitur ini hp kamu akan aman karena terkunci secara otomatis. Kamu juga bisa meninggalkan pesan dan nomor hp yang bisa dihubungi. Sayangnya, setelah saya iseng untuk untuk merestart hp yang sedang dilacak, fitur kunci ini akan hilang (hp bisa digunakan lagi).

8. Yang terakhir adalah fitur Hapus, kamu bisa menggunakan fitur ini “jika” kamu sudah mengikhlaskan hp yang hilang, namun disisi lain ingin menyelamatkan data pribadi agar tidak disalahgunakan. Melalui fitur Hapus ini semua data yang ada di hp kamu akan direset, dan secara otomatis kamu tidak akan bisa melacak lagi hp yang hilang karena kehilangan akses akun gmail.

Untuk melacak hp yang hilang memang tergantung pada “keberuntungan”. Berdoa saja pada saat hp hilang tidak ditemukan terlebih dahulu oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab. Karena jika sudah berpindah tangan ke orang lain, harapan bisa dilacak tentu menjadi sangat kecil.

Kejadian hp hilang bisa digunakan sebagai pelajaran untuk kita semua, saya doakan semoga hp kalian bisa cepat ketemu dengan cara ini. Jika kalian sudah berhasil melacaknya atau mungkin kalian membeli hp baru, kalian bisa melengkapi keamaan hp dengan membaca artikel  Aplikasi untuk Menemukan HP Hilang agar tidak terjatuh ke lubang yang sama, CMIW!

Updated: May 19, 2018 — 9:52 am

2 Comments

Add a Comment
  1. Keren gan Thanks info nya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *