Mengapa Memilih Kamera DSLR?

Pada post sebelumnya kita telah membahas berbagai jenis kamera. Salah satu didalamnnya adalah Kamera DSLR. Jika kamu ingin menjadi fotografer professional, sangat disarankan untuk membeli kamera DSLR ini, dibandingkan dengan kamera point-and-shoot, atau kamera saku, DSLR tentu lebih memadahi untuk mengembangkan kemampuan dalam fotografi.

Walaupun harganya terbilang mahal (bagi saya) hehe, namun kualitas yang diberikan tentu akan terbayar lunas. Kalau begitu, apa saja sih kelebihan dari kamera DSLR ini? Berikut ini adalah alasan-alasan kenapa kamu harus memilih kamera DSLR

Kamera DSLR

Kamera DSLR
(Sumber : https://www.ishopping.pk)

Fitur-fitur kamera DSLR, yaitu :

  1. Memiliki Sensor Gambar (Sensor Image) yang Besar

Karena memiliki sensor gambar yang lebih besar, hasilnya area permukaan untuk menyimpan cahaya lebih banyak, dan tentunya kualitas gambar menjadi meningkat. Maka dari itu, kamera yang lebih kecil dari DSLR (compacts dan ponsel) sangat kalah dalam kulitas gambarnya.

  1. Memiliki Fleksibilitas dalam Penggantian Lensa

Dengan kamera DSLR, kita bisa menciptakan berbagai kebutuhan foto, asalkan kita memiliki lensa yang sesuai. Seperti foto macro, wide angle, dan lainnya. Artinya, kita bisa sesuka hati mengganti lensa dengan body kamera yang sama. Sangat fleksibel bukan?

  1. Kualitas Lensa yang Bagus

Sudah tidak dapat dipungkiri, lensa pada kamera DSLR tentu akan menang (kualitas gambar lebih bagus) jika dibandingkan dengan lensa yang lebih kecil pada kamera point-and-shot.

  1. Full Manual Control

Dengan menggunakan mode manual, tentu sangat cocok bagi kamu yang ingin mengolah bakat dalam Fotografi. Dalam dunia fotografi, tentu akan menghasilkan kepuasan tersendiri jika kita berhasil nmengoprasikan kamera dalam mode Full Manual. Selain itu, mode ini akan menambah pengalaman dan pengetahuan lebih bagi pengguna.

  1. Memiliki File Gambar Dalam Format RAW

Format RAW memiliki kelebihan dibandingkan dengan format JPEG. Dengan format RAW, foto yang telah dipotret (post processing) dapat diedit tanpa menghilangkan kualitasa gambar. Walaupun beberapa kamera lain juga menawarkan fitur seperti ini, namun untuk semua jenis kamera DSLR sudah pasti dilengkapi format RAW.

  1. Lebih Nyaman Dalam Memegang Kamera

Memiliki ukuran yang lebih besar dan lebih berat daripada kamera point-and-shot, membuat kamera DSLR terasa lebih nyaman ditangan, dan tentunya membuat kamu terlihat lebih keren yaa, hehe.

  1. Shutter Lag? Sudah Tidak Ada

Apasih Shutter Lag? Shutter Lag merupakan jeda waktu ketika kamu menekan tombol Shutter. Jadi, gambar akan berhasil ditangkap selang beberapa waktu setelah tombol ditekan. Hmm, sangat tidak nyaman bukan? Tapi tenang, hal seperti itu hanya terjadi pada kamera point-and-shot dan kamera prosumer. DSLR? Saat anda menekan tombol Shutter saat itu juga gambar akan ditangkap.

  1. Flash Eksternal

Cahaya adalah unsur yang sangat penting dalam penting dalam fotografi. Cahaya sendiri ada 2, yaitu cahaya alami dan cahaya buatan. Jika cahaya alami sedang tidak ada, kamu bisa menggunakan pencahayaan Eksternal. DSRL tentu sudah dibekali dengan Flash Eksternal ini.

  1. Memiliki Tingkatan Eksposure

Jika ingin mengambil gambar yang memiliki kualitas HDR (High Dynamic Range), kamera DSLR lah jawabannya. Hal ini dikarenakan, dalam kamera DSLR memiliki beberapa eksposure.

  1. Start Up Kamera yang Lebih Cepat

Dengan Start Up Kamera DSLR, kamu tidak akan kehilangan momen berhaga, karena Start Up pada Kamera DSLR tentu lebih cepat jika dibandingkan dengan kamera point-and-shot.

  1. Fokus Auto Lebih Cepat

Saat mengambil gambar secara bersamaan, focus auto DSLR lebih cepat dibandingkan kamera poin-and-shot dan kamera prosumer.

  1. Zoom lebih Cepat

Selain lebih cepat, zoom pada kamera DSLR juga lebih cepat daripada zoom secara elektronik dibandingkan kamera poin-and-shot.

Updated: June 19, 2017 — 5:53 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *