Jenis-jenis Kamera Digital

Pada postingan sebelumnya, kamera dibagi menjadi dua, yaitu Kamera Analog dan Kamera Digital. Ternyata Kamera Digital juga diekolmpokkan lagi menjadi berbagai kategori lho. Mulai dari kelas yang paling tinggi, menengah, dan kelas rendah semuanya akan dibahas di Jenis-jenis Kamera Digital.

Jenis-Jenis Kamera Digital. yaitu :

  1. Compact Digital Cameras

Dulu (sebelum banyak orang beralih ke kamera DSLR, hehe), kamera jenis ini merupakan kamera yang paling banyak digunakan, mengapa? Karena untuk orang awam, kamera ini sangat mudah digunakan dan sangat praktis untuk dibawa.  Maka, Compact Digital Cameras sering juga disebut Kamera Saku.

Compact Digital Camera

Compact Digital Camera
(Sumber : http://www.kate-harris.co.uk)

Menawarkan fitur-fitur yang serba mudah, Kamera ini cocok bagi kamu yang menyukai mode otomatis. Dengan harga yang relatif murah, Compact Digital kamera sudah dibekali kapasitas memori yang besar dan  baterai yang tahan lama. Walaupun tidak sehebat kamera DSLR, kamera ini sudah cukup memiliki fasilitas yang dibutuhkan.

Berikut ini adalah fasilitas-fasilitas yang ada di Compact Digital Cameras :

  • Optical Zoom
    Fasilitas ini berguna untuk pembesaran gambar dengan cara kerja reposisi lensa.
  • Digital Zoom
    Walaupun memiliki fungsi yang sama dengan Optical Zoom, namun cara pembesaran gambar yang dilakukan berbeda. Dimana Digital Zoom menggunakan proses cropping dan menggunakan lensa untuk proses pembesaran gambarnya. Akibatnya gambar yang dihasilkan akan pecah (blur).
  • Resolusi
    Sayangnya kamera ini hanya dibekali resolusi mencapai 3,1 megapixel. Tentu dijaman sekarang resolusi 3,1 sudah terbilang kurang.
  • Viewfinder
    Cara membidik Compact Digital Cameras yaotu mengunakan LCD, dan lensa konvensional.

2. Kamera Digital Prosumer (Semi Profesional)

Kamera Digital Prosumer

Kamera Digital Prosumer
(Sumber : http://www.urban75.org)


Dengan resolusi kamera mencapai 12 megapixel, tentu sudah cukup untuk keperluan kita. Kamera Digital Prosumer memiliki beberapa kelebihan, seperti adanya mode manual dan otomatis pada focus, diafragma, dan kecepatan. Kamera ini mempunyai kemampuan dynamic range yang tinggi. Seperti kamera SLR, lensa Digital Prosumer juga bisa diputar.

3. Digital Single Lens Reflex Cameras (DSLR)

Kamera DSLR

Kamera DSLR
(Sumber : https://www.ishopping.pk)


Nah, kalau kamera ini merupakan kamera yang sedang hits dikalangan anak muda jaman sekarang. Dengan fitur yang sangat lengkap,  banyak orang yang tertarik untuk terjun ke dunia fotografi dengan berbekal kamera DSLR. Perlu diketahui, Kamera DSLR merupakan pengembangan dari kamera analog DSL yang menggunakan single lens. Berikut ini saya sajikan beberapa fasilitas yang dimliki kamera ini, yaitu :

  1. Menggunakan baterai recharge
  2. Resolusi gambar bisa mencapai 20 megapixel
  3. Karena memiliki optic bagian luar, lensa pada kamera DSLR dapat diganti-ganti sesuai kebutuhan
  4. Memiliki aksesoris yang beragam
  5. Mampu memproduksi bayangan dengan resolusi tinggi

4. Digital Range Finder

Kamera Digital Range Finder

Kamera Digital Range Finder
(Sumber : https://www.dpreview.com)

Seperti namanya, Digital Range Finder merupakan kamera khusus untuk mengukur jarak dari fotografer ke objek yang menjadi target, untuk menetapkan titik fokusnya.

5.Professional Modular Digital Camera System

 Professional Modular Digital Camera System

Professional Modular Digital Camera System

Karena memiliki ukuran yang sangat besar dan bentuk yang kaku kamera ini jarang digunakan dalam dunia fotografi yang membutuhkan banyak gerakan. Namun jangan salah, kamera ini merupakan jenis kamera yang terdiri dari perangkat professional berkualitas tinggi, yang disusun oleh komponen modular, seperti winders, grips, lensa, dsb. Karena ukurannya tadi, kamera ini kebanyakan hanya bisa dijumpai di studio-studio periklanan.

6. Video Cameras

Kamera Video

Kamera Video
(Sumber : http://www.bewed.ro)

Saya yakin sudah pernah nonton Televisi semua kan, hehe. Pernahkan terpikir kamera apa sih yang digunakan untuk merekamnya?Biasanya kamera yang digunakan adalah Professional Video Camera. Untuk meningkatkan resolusi gambar dan warna, kamera ini memiliki beberapa sensor gambar (satu untuk setiap warna). Professional Video Camera sudah termasuk dalam kategori kelas atas.

Mungkin hanya itu Jenis-jenis Kamera Digital yang bisa saya bahas, saya sarankan untuk memilih kamera sesuai kebutuhan. Jika teman-teman ingin menambahkan atau yang lainnya, silahkan berkomentar yah. Terimakasih..

 

Updated: June 19, 2017 — 5:56 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *