Mau Beli Kamera? Cek Dulu Perbedaan Kamera SLR dan DSLR

Perbedaan Kamera SLR dan DSLR – Jika kini Anda memiliki hobi baru yaitu fotografi, tentu memiliki kamera ada dalam salah satu goal Anda. Harga kamera bisa dibilang tak murah. Maka sambil menabung, carilah info tentang kamera yang ingin Anda miliki. Seperti tentang perbedaan kamera SLR dan DSLR. Ada banyak merek kamera di pasaran. Berbagai merek tersebut juga menawarkan berbagai fitur yang berbeda-beda. Saat akan membeli nanti, Anda akan dihadapkan pada berbagai tawaran kamera. Untuk mempermudah dalam memilih, tentu mengetahui berbagai info tentang kamera adalah hal penting. Seperti fitur apa yang ingin Anda dapatkan dari kamera yang akan Anda miliki, merek apa yang tepat Anda beli, dan sebagainya.

Untuk memulai pencarian info Anda, mulailah dari mengetahui perbedaan kamera SLR dan DSLR. Mengetahui perbedaan keduanya merupakan hal dasar sebelum Anda membeli kamera. Secara sederhana, teknologi kamera dibedakan menjadi 2 yaitu SLR dan DSLR. Keduanya dibedakan berdasarkan teknik pengambilan gambarnya. Untuk itu, marilah kita ketahui perbedaan keduanya. Berikut ini beberapa perbedaannya dilihat dari beberapa aspek.

  • Dilihat dari Kepanjangannya

SLR dan DSLR memiliki kepanjangannya masing-masing. Untuk SLR memiliki kepanjangan Single Lens Reflex. Kepanjangan ini tentu memiliki arti. Single Lens Relflex maksudnya yaitu bahwa kamera SLR ini memiliki teknik pengambilan gambar menggunakan sistem jajaran lensa dengan jalur tunggal. Jajaran lensa jalur tunggal difungsikan untuk melewatkan berkas cahaya ke dua arah, yaitu ke focal plane dan viewfinder. Sistem kerja ini akan membuat fotografer mendapatkan hasil foto yang sama dengan yang dilihat dari tampilan objek foto di kamera saat akan memotret. Sementara DSLR memiliki kepanjangan Digital Single Lens Reflex. Nampak tak jauh berbeda singkatannya, namun menunjukkan teknik pengambilan gambar yang cukup berbeda. Kamera DSLR mempunyai teknik pengambilan gambar menggunakan pentaprisma dan mechanical mirror system. Teknik tersebut untuk difungsikan untuk meneruskan cahaya dari lensa ke optical viewfinder pada kamera.

  • Perbedaan jumlah tombol fitur

Untuk lebih memahami perbedaan kamera SLR dan DSLR, mari kita masuk pada perbedaan yang kedua yaitu pada jumlah tombol dan fitur. Jika perbedaan pertama dilihat dari teknik pengambilan gambar, maka perbedaan yang satu ini lebih pada tampilan fisiknya, meski juga terkait dengan bagaimana kedua kamera ini difungsikan melalui tombol dan fitur. Jika dilihat, kamera SLR memiliki tombol yang sedikit karena memang fitur yang disediakan cukup terbatas. Sementara pada kamera DSLR, Anda akan melihat tombol yang lebih banyak karena fiturnya juga lebih banyak.

  • Perbedaan penyimpanan dan pencetakan gambar

Perbedaan kamera SLR dan DSLR selanjutnya adalah pada penyimpanan dan pencetakannya. Kedua perbedaan ini sedikit banyak berkaitan. Untuk kamera SLR media penyimpanannya umumnya menggunakan film 35 MM atau analog. Sehingga kemudian untuk pencetakan gambarnya hanya bisa dilakukan dengan pencetakan di laboratorium cuci cetak foto negatif. Sementara kamera DSLR menggunakan media penyimpanan memori slot dengan kapasitas tertentu dan bisa mencapai kapasitas yang sangat besar. Untuk pencetakan dari kamera DSLR hanya dapat dicetak menggunakan teknik printing digital.

Itulah beberapa perbedaan kamera SLR dan DSLR dilihat dari beberapa aspek. Tentunya berbagai perbedaan aspek tersebut juga berpengaruh pada harga masing-masing. Secara umum, harga kamera DSLR lebih mahal dari kamera SLR. Namun, bisa juga kamera SLR lebih mahal saat kamera tersebut merupakan produk lama atau sudah dianggap sebagai barang antik.

Updated: December 8, 2017 — 8:13 pm

1 Comment

Add a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *