Mengenal Istilah Teknologi Tepat Guna

Teknologi Tepat Guna

Teknologi dibuat untuk memenuhi kebutuhan manusia. Setiap individu di lokasi yang berbeda memiliki kebutuhan yang berbeda, maka dari itu dibutuhkan teknologi yang berbeda-beda pula.

Tapi sebetulnya apa yang kita butuhkan? Bagi saya pribadi kadang masih sulit untuk membedakan mana keinginan dan kebutuhan.

teknologi tepat guna
Mungkin istilah teknologi tepat guna masih asing bagi sebagian masyarakat. Teknologi tepat guna merupakan jenis teknologi yang banyak ragamnya sesuai dengan bidang ilmu dan penerapannya. Umumnya, teknologi tepat guna  merupakan pilihan teknologi dan aplikasinya yang memiliki karakteristik terdesentralisasi, berskala kecil, hemat energi, padat karya, dan berkaitan erat dengan kondisi lokal. Teknologi ini dirancang untuk masyarakat tertentu sesuai dengan aspek lingkungan, keetnisan, budaya, sosial, politik, dan ekonomi masyarakat yang bersangkutan.

Walaupun nuansa pemahaman dari teknologi tepat guna sangat beragam di antara banyak bidang ilmu dan penerapannya, teknologi tepat guna umumnya dikenal sebagai pilihan teknologi beserta aplikasinya yang mempunyai karakteristik terdesentralisasi, berskala relatif kecil, padat karya, hemat energi, dan terkait erat dengan kondisi lokal. Secara umum, dapat dikatakan bahwa teknologi tepat guna adalah teknologi yang dirancang bagi suatu masyarakat tertentu agar dapat disesuaikan dengan aspek-aspek lingkungan, keetisan, kebudayaan, sosial, politik, dan ekonomi masyarakat yang bersangkutan.

Dari tujuan yang dikehendaki, teknologi tepat guna haruslah menerapkan metode yang hemat sumber daya, mudah dirawat, dan berdampak polutif seminimal mungkin dibandingkan dengan teknologi arus utama, yang pada umumnya beremisi banyak limbah dan mencemari lingkungan. Baik Schumacher maupun banyak pendukung teknologi tepat guna pada masa modern juga menekankan bahwa teknologi tepat guna adalah teknologi yang berbasiskan pada manusia penggunanya.

Teknologi tepat guna paling sering didiskusikan dalam hubungannya dengan pembangunan ekonomi dan sebagai sebuah alternatif dari proses transfer teknologi padat modal dari negara-negara industri maju ke negara-negara berkembang.   Namun, gerakan teknologi tepat guna dapat ditemukan baik di negara maju dan negara berkembang. Di negara maju, gerakan teknologi tepat guna muncul menyusul krisis energi tahun 1970 dan berfokus terutama pada isu-isu lingkungan dan keberlanjutan (sustainability). Di samping itu, istilah teknologi tepat guna di negara maju memiliki arti yang berlainan, seringkali merujuk pada teknik atau rekayasa yang berpandangan istimewa terhadap ranting-ranting sosial dan lingkungan.

tepat guna

Pemerintah baru saja usai mengadakan Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) dan Pekan Inovasi Perkembangan Desa dan Kelurahan (Pindeskel) 2018. Hajatan yang digelar di Areal Garuda Wisnu Kencana pada 19-21 Oktober 2018 inipun memamerkan teknologi tepat guna, karya putra putri bangsa. Pada kesempatan inipun Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi dipercaya menjadi tim penilai atau juri, untuk menentukan hasil karya teknologi tepat guna yang mampu memberi dampak besar bagi pembangunan.

Selain mudah didapat teknologi tersebut juga tak mencemari lingkungan. Yuk, mulai sekarang kita gunakan teknologi tepat guna yang ramah lingkungan! Semoga dalam beberapa tahun ke depan semakin banyak teknologi yang diciptakan untuk memudahkan pekerjaan manusia.
Updated: March 10, 2019 — 1:52 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *