Organisasi Teknologi 5G (5GAA)

5G Automotive Association (5GAA)

Pernah mendengar istilah 5GAA ? 5G Automotive Association (5GAA) adalah organisasi lintas industri global dari perusahaan-perusahaan dari industri otomotif, teknologi, dan telekomunikasi (TIK) yang bekerja bersama untuk mengembangkan solusi ujung ke ujung untuk mobilitas masa depan dan layanan transportasi.

5GAA diciptakan untuk menghubungkan industri telekomunikasi dan produsen kendaraan untuk mengembangkan solusi ujung ke ujung untuk mobilitas masa depan dan layanan transportasi. Kendaraan yang berbagi informasi untuk membuat transportasi lebih aman, lebih hijau, dan lebih menyenangkan berada di depan pintu kami. Teknologi yang terkait dengan konsep ini secara kolektif dikenal sebagai Sistem Transportasi Cerdas Kooperatif (C-ITS). Dampak pada keselamatan jalan saja sudah cukup penting untuk menjadikan C-ITS prioritas. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ada sekitar 1,25 juta kematian lalu lintas di seluruh dunia pada tahun 2013 dengan 20-50 juta lainnya terluka atau cacat akibat kecelakaan lalu lintas.

teknologi tepat guna

Teknologi utama C-ITS yang memungkinkan adalah komunikasi nirkabel, yang mencakup komunikasi kendaraan-ke-kendaraan (V2V), komunikasi kendaraan-ke-infrastruktur (V2I), kendaraan-ke-jaringan (V2N), dan kendaraan-ke-pejalan kaki (V2P) ) komunikasi. Secara kolektif, transaksi nirkabel ini disebut sebagai komunikasi V2X (kendaraan-ke-segalanya).

5GAA mendukung gagasan bahwa 5G akan menjadi platform utama untuk mengaktifkan C-ITS dan penyediaan V2X. 5G akan dapat melakukan komunikasi misi-kritis dengan lebih baik untuk berkendara yang lebih aman dan lebih lanjut mendukung komunikasi V2X yang ditingkatkan dan solusi mobilitas yang terhubung.

Dibuat pada tahun 2016, asosiasi ini mencakup lebih dari 100 anggota yang memiliki misi untuk mengembangkan, menguji dan mempromosikan solusi komunikasi, memulai standardisasi mereka dan mempercepat ketersediaan komersial dan penetrasi pasar global, untuk mengatasi mobilitas masyarakat yang terhubung dan kebutuhan keselamatan jalan dengan aplikasi seperti mengemudi otomatis , akses di mana-mana ke layanan dan integrasi ke kota pintar dan transportasi cerdas.

Menjembatani industri otomotif dan TIK

5G Automotive Association (5GAA) adalah organisasi lintas industri global dari perusahaan otomotif, teknologi, dan industri telekomunikasi (TIK), yang bekerja sama untuk mengembangkan solusi ujung ke ujung untuk mobilitas masa depan dan layanan transportasi.

Dibuat pada September 2016, 5GAA menyatukan basis anggota yang besar, termasuk 8 anggota pendiri: AUDI AG, BMW Group, Daimler AG, Ericsson, Huawei, Intel, Nokia, dan Qualcomm Incorporated.

Sejak awal, 5GAA telah berkembang pesat untuk memasukkan pemain kunci dengan jejak global di industri otomotif, teknologi, dan telekomunikasi. Ini termasuk produsen otomotif, pemasok tingkat 1, penyedia sistem chipset / komunikasi, operator seluler, dan vendor infrastruktur.

Beragam baik dari segi geografi dan keahlian, anggota 5GAA berkomitmen untuk membantu mendefinisikan dan mengembangkangenerasi berikutnya dari mobilitas yang terhubung dan solusi kendaraan otomatis.

Misinya adalah :

  • Mengembangkan, menguji, dan mempromosikan solusi komunikasi
  • Mendefinisikan dan menyelaraskan kasus penggunaan, model bisnis dan masuk ke pasar untuk aplikasi mobilitas otomotif dan cerdas, termasuk mobil sewaan, pembagian mobil, dan kendaraan listrik
  • Mengelaborasi pemilihan teknologi dan strategi evolusi peta jalan termasuk persyaratan alokasi spektrum
  • Memulai standardisasi dan relevansi mereka untuk penetrasi pasar global dan memastikan ketersediaan komersial dari aplikasi yang relevan seperti mengemudi secara mandiri, akses di mana-mana ke layanan dan integrasi ke kota pintar dan transportasi cerdas

Teknologi 5GAA

Menjelajahi teknologi: C-V2X

tepat guna

Cellular-V2X (C-V2X) sebagaimana awalnya didefinisikan sebagai LTE V2X dalam 3GPP Release 14 dirancang untuk beroperasi dalam beberapa mode.

Ini memberikan satu solusi untuk operasi V2V, V2I dan V2P terintegrasi dengan V2N dengan memanfaatkan infrastruktur jaringan seluler yang ada:

  • Perangkat-ke-perangkat [1] adalah Infrastruktur Kendaraan-ke-Kendaraan (V2V), Kendaraan-ke-(Jalan) (V2I) dan komunikasi langsung Vehicle-to-Pedestrian (V2P) tanpa harus bergantung pada keterlibatan jaringan untuk penjadwalan.
  • Menara perangkat-ke-sel adalah tautan komunikasi lain yang memungkinkan sumber daya jaringan dan penjadwalan serta memanfaatkan infrastruktur operator yang ada. Komunikasi menara perangkat-ke-sel merupakan setidaknya bagian dari proposisi V2I dan penting untuk solusi ujung ke ujung.
  • Perangkat-ke-jaringan adalah solusi V2N menggunakan tautan seluler tradisional untuk memungkinkan layanan cloud menjadi bagian tak terpisahkan dari solusi ujung ke ujung.

Dalam operasi mode perangkat ke perangkat (V2V, V2I, V2P), C-V2X tidak perlu memerlukan infrastruktur jaringan apa pun. Ia dapat beroperasi tanpa SIM, tanpa bantuan jaringan dan menggunakan GNSS sebagai sumber utama sinkronisasi waktu.

C-V2X juga mendukung aplikasi V2N yang memanfaatkan jaringan seluler yang sudah ada tempat komunikasi suara dan data lainnya terjadi.V2N akan memberikan bantuan jaringan dan layanan komersial yang membutuhkan keterlibatan Mobile Network Operator (MNO).

Secara kolektif, mode transmisi komunikasi langsung jarak pendek (V2V, V2I, V2P) dan komunikasi berbasis jaringan jarak jauh (V2N) terdiri dari apa yang kita sebut Cellular-V2X [2].

[1] Mengandalkan antarmuka PC5 yang ditentukan oleh 3GPP untuk operasi perangkat-ke-perangkat.
[2] Lihat Studi 3GPP TR 22.885 tentang Dukungan LTE untuk Layanan Vehicle to Everything (V2X).

Teknologi C-V2X dalam berbagai kemungkinan

Teknologi C-V2X dirancang untuk merevolusi ekosistem mobilitas dan cara pengemudi berinteraksi dengan dunia. Sangat penting untuk mendefinisikan kembali transportasi dengan menyediakan arus informasi real-time, sangat andal, dan dapat ditindaklanjuti untuk memungkinkan aplikasi keselamatan, mobilitas dan lingkungan.

Perspektif 5GAA adalah bahwa C-V2X, akan menjadi kunci untuk mencapai tingkat konektivitas yang diperlukan untuk komunikasi V2X, dan itu diatur untuk menjadi kekuatan yang mengganggu di pasar otomotif

Pengujian dan Penerapan C-V2X

Jadwal pengujian validasi agresif sudah berlangsung secara global: lebih dari 13 percobaan saat ini sedang dilaksanakan termasuk 9 di Eropa.

C-V2X siap untuk ditempatkan dengan chipset komersial yang ditetapkan untuk 2018. Dimulainya penyebaran komersial di dalam kendaraan (yaitu kendaraan yang disetujui tipe) diramalkan untuk 2020/2021 secara global.

5GAA menjembatani industri otomotif dan telekomunikasi untuk merangkul dan mempercepat penyebaran global solusi transportasi dan komunikasi yang cerdas. Melalui ini,  menjawab kebutuhan mobilitas masyarakat yang terhubung dan keselamatan transportasi. Dengan demikian 5GAA Automotive Association itu menjembatani industri otomotif dan telekomunikasi untuk menentukan generasi berikutnya dari solusi mobilitas yang terhubung.

Sekian penjelasan mengenai 5GAA, semoga bermanfaat. Silahkan comment dan share ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *