Pengertian Teknik Zooming dan Panning

Bicara tentang fotografi, tentu ada banyak sekali hal yang harus dipelajari, salah satunya adalah zooming dan panning. Teknik pengambilan gambar zooming dan panning biasanya dipelajari jika kalian duduk dibangku SMK jurusan multimedia. Tapi bagi kalian yang sudah lulus ada tidak sekolah dijurusan yang sama tentu boleh mempelajari pengertian zooming dan panning ini.

Selain membahas pengertian zooming dan panning, saya juga menyajikan cara melakukan pengambilan gambar zooming dan panning. Untuk melakukannya pastikan kalian menggunakan kamera DSLR, bukan SLR. Karena meski namanya hampir sama, ternyata kamera DSLR dan DSLR memiliki perbedaan yang cukup mencolok.

Karena teknik zooming dan panning sangat berhubungan dengan shutter speed, bagi kalian yang masih awam bisa mempelajari “apa itu shutter speed pada kamera” terlebih dahulu. Yang sudah bisa, silahkan skip saja.

Pengerttian Zooming dan Cara melakukan Zooming

Zoming adalah teknik dalam dunia fotografi untuk memperoleh objek yang kesannya menjauhi atau mendekati kamera. Cara kerjanya saat tirai masih membuka, ring zoom diputar melebar atau memanjang terhadap objek. Dalam melakukan teknik ini shutter speed rendah dibawah 1/60.

PENGERTIAN TEKNIK FOTOGRAFI ZOOMING

Teknik Zooming

Untuk hasil yang lebih maksimal, saya sarankan memilih background yang kaya akan warna. Kemudian disarankan juga menggunakan tripod agar fokusnya lebih tajam.

Cara melakukan teknik fotografi zooming sangat mudah, silahkan ikuti langkah berikut

1. Pastikan pengaturan kamera sudah benar, yaitu : shutter speed rendah (misal 1/10) dengan diafragma yang menyesuaikan, menggunakan fokus manual, kemudian sediakan tripod.

2. Posisikan objek yang akan diambil ditengah

3. Zoom in objek tersebut sampai hampir penuh

4. Kemudian atur lensa sampai benar-benar fokus

5. Ini yang paling penting! Tekan tombol shutter bersamaan dengan memutar zoom out secara cepat. 

Pengerttian Panning dan Cara melakukan Panning

Membekukan gerakan objek dengan background yang blur adalah pengertian sederhana dari Panning.  Teknik fotografi panning sering kita jumpai dalam acara olahraga, seperti sepak bola maupun moto gp. Dengan teknik ini pemain sepak bola yang berlari dapat dibekukan gerakannya.

PENGERTIAN TEKNIK FOTOGRAFI PANNING

Teknik Panning

Prinsip ketika melakukan teknik panning yaitu, kamera fokus mengikuti kemana arah objek bergerak. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa lihat cara melakukan teknik panning dibawah.

1. Atur kameranya terlebih dahulu dengan ketentuan sebagai berikut : pastikan shutter speed diantara 1/30 sampai 1/8, atur pada mode shutter priority (S atau Tv), kalian bisa menggunakan auto fokus ataupun manual fokus.

2. Karena prinsip dari panning adalah mengikuti gerakan objek, saya rasa kita tidak perlu menggunakan tripod karena akan mengganggu nantinya.

3. Cari objek bergerak yang ingin kamu ambil gerakannya.

4. Jika sudah, arahkan kamera mengikuti objek yang bergerak dengan menekan tombol shutter setengahnya saja.

5. Teruslah bergerak mengikuti objek dengan kondisi shutter seperti itu.

6. Jika gerakan dirasa sudah “seirama dan lembut”, tekan tombol shutternya secara penuh untuk mengambil eksposure.

Menurut saya untuk melakukan teknik panning dengan sempurna diperlukan banyak latihan. Awalnya memang sedikit susah, tapi lama kelamaan pasti bisa lebih bagus.

Perlu diperhatikan, dalam mengambil objek dengan teknik panning memiliki aturan masing-masing. Hal ini dikarenakan kecepatan objek yang bergerak tentu berbeda-beda. Misalnya orang berjalan dengan laju sepeda motor tentu berbeda bukan? aturannya seperti ini, saat objek yang diambil dianggap kurang tajam, kamu bisa menaikkan shutter speednya. Jika dirasa background kurang blur, silahkan turunkan shutter speednya.

Berikut ini adalah contoh nilai shutter speed  yang bisa kamu atur berdasarkan objek yang akan diambil.

  • Mobil: sekitar 1/50 detik
  • Balapan motor/mobil : 1/100 sampai 1/200 detik
  • Orang joging/ sepeda biasa dijalanan: 1/20 detik
  • Sepeda gunung uphill/downhill: 1/30 sampai 1/50 detik

 

Updated: May 10, 2018 — 7:56 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *