Teknik Pengambilan Gambar (Type of Shot)

Teknik Pengambilan Gambar atau Type Of Shot adalah teknik untuk menentukan seberapa luas perbandingan antara objek dan background yang akan kita ambil. Misal nih, pas temen kita minta difotoin, kadangkan suka bilang tuh, “Keliatan setengah badan aja ya, satu badan keliatan semua yaa dan banyak lagi” itulah yang dinamakan Type Of Shot. Teknik pengambilan gambar memiliki banyak jenis, mulai dari Extreme Long Shot, Close Up, Medium Close Up, dll. Pokoknya mempelajari Type Of Shot sangat direkomendasikan bagi kamu yang ingin mendalami dunia fotografi dan tidak ingin keliatan kudet didepan temen-temen, hehe.

Jenis-jenis teknik pengambilan gambar (type of shot), yaitu :

  1. Extreme Long Shot

Extreme Long Shot

Jenis shot ini adalah shot yang digunakan untuk mengambil gambar yang sangat jauh, panjang, dan luas. Biasanya diambil untuk menggambarkan suatu pemandangan dengan objek yang kecil. Contoh gampangnya yaitu pemandangan sawah yang terdapat manusia sedang bercocok tanam. Dalam tipe Extreme Long Shot, kita tidak bisa membedakan antara objek foto laki-laki atau perempuan karena jarak pengambilannya yang sangat jauh. Namun, kita masih bisa mengira bahwa objek tersebut adalah manusia.

  1. Long Shot

Long Shot

 

 

 

 

 

 

 

 

Tolong fotoin satu badan yaa.” Temen minta foto. Nah, itulah yang dinamakan tipe Long Shot. Meski beitu, tipe shot ini masing terbilang jauh, dan objek yang kita ambil masih didominasi oleh latar belakang.

  1. 3. Medium Long Shot

medium long shot

Kalau Medium Long Shot lebih dekat lagi dengan objeknya, perpaduan antara objek dengan latar belakang bisa dibilang seimbang. Medium Long Shot menampilkan objek manusia dari lutut sampai atas kepala.

  1. Medium Shot

Medium Shot

Type shot yang satu ini mengambil objek mulai dari pinggang sampai atas kepala. Sehingga lebih menonjolkan objek dari pada latar belakang. Ekspresi dari objek juga akan lebih terlihat dalam Medium Shot.

  1. Medium Close Up

Medium Close Up

Teknik ini sih sering digunakan pada acara telivisi. Pasti kamu pernahkan melihat frame telvisi yang diisi foto objek dari dada sampai kepala? Itulalah yang dinamakan Medium Close Up.

  1. Close Up

Close Up

Type Close Up menampilkan wajah dari bahu sampai atas kepala, sehingga objek menjadi titik perhatian utama. Latar belakang nampak sangat sedikit pada tipe ini.  Close up sering digunakan untuk menampilkan detail mimik manusia, seperti tertawa, menangis, merenung, dan sebagainya.

  1. Big Close Up

Big Close Up

Teknik Big Close Up hamir sama dengan teknik Close Up, hanya saja pengambilannya sedikit dinaikkan dari leher atau dagu sampai ke atas kepala. Sehingga ekspresi yang ditampilkan akan lebih tajam lagi.

  1. Extreme Close Up

Extreme Close Up

Nah, type yang terakhir yaitu Extreme Close Up adalah tipe yang menutupi seluruh frame dengan bagian tertentu dari wajah/ objek. Seperti bagian mata, bibir, atau hidung. Extreme Close Up sangat cocok untuk metode periklanan, seperti iklan pembersih komedo, lipstick untuk bibir, dan banyak lagi.

 

Credit gambar : Designed by Freepik

3 Comments

Add a Comment
  1. Wahh sunggu memberikan Pembelejaran Makasih atas Tekniknya Sunggu sangat bermanfaat

  2. Artikel yang sangat bagus …
    Informasi yang disampaikan sangat bermanfaat …
    Mohon informasinya min …
    Bagaimana tata cara menulis yang baik dan benar sehingga nantinya menarik di baca dan tulisan yang dimuat bisa bermanfaat bagi orang lain??
    Mohon ulasannya …
    Terimakasih salam kenal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *