Urutan Versi OS Android Lengkap!

Apakah Anda termasuk orang yang sangat memperhatikan spesifikasi dari smartphone sebelum membelinya? Jika ya, tentu Anda sudah familiar dengan android yang merupakan unsur penting dalam sebuah smartphone. Android merupakan sistem operasi atau OS berbasis Karnel Linux yang dikembangkan untuk perangkat layar sentuh jenis smartphone dan juga komputer tablet. Perkembangan Android semakin pesat dengan mengeluarkan beberapa versi atau tingkatan setiap beberapa tahun sekali. Berikut akan dibahas mengenai urutan versi OS Android dari yang pertama hingga versi terbarunya.

1. Android Alpha Versi 1.0
urutan versi android lengkap android alpha 1.0

android alpha 1.0

Nama dari versi pertama android ini sebelumnya adalah Astro. Namun, karena masalah hak cipta dari nama Astro maka nama tersebut tidak jadi digunakan dan diganti menjadi Android Alpha. Pada awal-awal kemunculan android ini, belum terdapat perangkat yang menggunakan sistem operasi dari android ini sehingga belum dijual secara komersial.

2. Android Beta Versi 1.1
urutan versi android lengkap android beta 1.1

android beta 1.1

Versi lanjutan dari Android Alpha adalah Beta. Kasusnya hampir sama dengan android versi sebelumnya yaitu Android Alpha. Android ini awalnya akan diberi nama dengan Bender, namun karena kembali terjadi masalah hak cipta dari nama Bender, maka diubah namanya menjadi Beta. Kemunculan android jenis ini juga diikuti dengan adanya telepon seluler yang menggunakan sistem operasi android untuk pertama kalinya yaitu HTC Dream. Ponsel ini juga mulai dijual secara komersial di pasaran.

3. Android Cupcake Versi 1.5
urutan versi android lengkap android cupcake 1.5

android cupcake 1.5

Pada tahun 2009, android merilis versi terbarunya yang diberi nama Cupcake. Kelebihan dari android versi ini daripada versi sebelumnya yaitu adanya fitur untuk dapat upload video ke Youtube, kemudian adanya tampilan keyboard pada layar atau keyboard virtual.

4. Android Donut Versi 1.6
urutan versi android lengkap android donut 1.6

android donut 1.6

Android versi Donut ini diluncurkan pada tahun yang sama dengan Android Cupcake, hanya selang beberapa bulan saja. Android versi 1.6 ini menghadirkan fitur baru seperti resolusi layar yang lebih lebar atau besar dan kinerjanya lebih bagus dari versi sebelumnya. Fitur baru lainnya di antaranya adanya dukungan penggunaan multi bahasa, pencarian web, dapat menyeleksi file yang akan dihapus, dan juga dikenal dengan adanya teknologi baru seperti VPNs, CDMA ataupun EVDO.

5. Android Eclair Versi 2.0-2.1
urutan versi android lengkap Android Eclair Versi 2.0-2.1

Android Eclair Versi 2.0-2.1

Setelah Android Cupcake, di tahun 2009 android gencar meluncurkan versi terbarunya kembali. Kali ini diberi nama dengan Android Eclair. Beberapa kelebihan android versi ini yaitu adanya fitur seperti wallpaper hidup yang hidup, kecepatan perangkat ditingkatkan, dan adanya multi sentuhan. Selain itu, adanya fitur seperti Bluetooth, dan kamera yang didukung dengan adanya flash dan juga digital zoom.

6. Android Frozen Yoghurt Versi 2.2
urutan versi android lengkap Android Frozen Yoghurt Versi 2.2

Android Frozen Yoghurt Versi 2.2

Masih berbau makanan, nama android versi selanjutnya yaitu Android Frozen Yoghurt atau Froyo yang diluncurkan pada tahun 2010. Pada masa ini, sistem operasi android ini mulai banyak diminati oleh pasar ataupun perusahaan pengembang telepon seluler. Salah satu fitur terbaru dari android versi ini yaitu adanya pilihan untuk mematikan data yang terdapat pada jaringan seluler. Selain itu, terdapat juga penambahan fitur security pada ponsel, tethering, dan juga kecepatan serta memori lebih ditambah dari versi sebelumnya.

7. Android Gingerbread Versi 2.3
urutan versi android lengkap

Android Gingerbread Versi 2.3

Android versi 2.3 ini menghadirkan fitur terbaru yang belum ada dari versi sebelumnya, yaitu dapat mengunduh file dari internet secara langsung atau dikenal dengan aplikasi download manager lalu adanya multi kamera dengan dukungan dari kamera depan. Kinerja dari android versi ini juga lebih baik dari sebelumnya.

8. Android Honeycomb Versi 3.0-3.2
urutan versi android lengkap

Android Honeycomb Versi 3.0-3.2

Tahun 2011 Android merilis versi terbaru yang diberi nama dengan Android Honeycomb. Android ini khusus dirancang untuk jenis perangkat komputer tablet. Tablet pertama sebagai pengguna OS android ini hadir dalam Motorola Xoom.

9. Android Ice Cream Sandwich Versi 4.0
urutan versi android lengkap

Android Ice Cream Sandwich Versi 4.0

Penyempurnaan jenis android versi sebelumnya hadir dalam Android Ice Cream Sandwich yang dapat digunakan untuk jenis smartphone maupun tablet. Versi ini sangat mendukung untuk multitasking dan juga Google meluncurkan perangkat Galaxy Nexus yang diproduksi Samsung bersamaan dengan hadirnya android ini. Setelah ini, Google sebagai perusahaan yang membawahi android ini juga gencar mengeluarkan perangkat dengan jenis Nexus setiap kali memperkenalkan versi terbaru android.

10. Android Jelly Bean Versi 4.1-4.3
urutan versi android lengkap Android Jelly Bean Versi 4.1-4.3

Android Jelly Bean Versi 4.1-4.3

Setiap tahun android memang gencar meluncurkan versi terbarunya diiringi dengan fitur-fitur terbaru yang semakin canggih. Seperti di tahun 2012, android memperkenalkan versi terbarunya yang diberi nama Android Jelly Bean. Android ini juga mengalami tiga kali perubahan dari versi 4.1, 4.2, hingga 4.3. Android ini mengalami peningkatan pada kinerja sistem dan fitur keamanannya. Kemudian mulai didukung dengan adanya emoji.

11. Android Kitkat Versi 4.4
urutan versi android lengkap Android Kitkat Versi 4.4

Android Kitkat Versi 4.4

Peningkatan kinerja android muncul pada Android Kitkat yang resmi diluncurkan pada tahun 2013. Android ini memiliki fitur baru seperti auto-focus pada kameranya, adanya pemutaran musik secara offline, lalu peningkatan juga terjadi pada bagian keamanannya dan kemampuan aplikasi di dalamnya. Android Kitkat pertama kali digunakan pada Nexux Google 5 yang diluncurkan bersamaan dengan versi android ini. Penggunaan nama Kitkat yang unik ini terjadi setelah pihak Google meminta izin dari pihak Nestle sebagai pemilik Kitkat dan mereka menyetujuinya. Keunggulan Kitkat ini yaitu dapat digunakan pada perangkat dengan RAM 512.

12. Android Lollipop Versi 5.0-5.1
urutan versi android lengkap

Android Lollipop Versi 5.0-5.1

Tahun 2014, android memperkenalkan versi terbarunya kembali yang diberi nama Lollipop. Salah satu fitur baru dari android versi ini yaitu adanya peningkatan perlindungan keamanan dari perangkat melalui sistem factory reset protection. Fitur ini mengharuskan penggunanya untuk menampilkan password ketika ingin melakukan reset. Kemudian adanya peningkatan pada notifikasi sistem dan juga peningkatan user interface.

13. Android Marshmallow Versi 6.0
urutan versi android lengkap Android Marshmallow Versi 6.0

Android Marshmallow Versi 6.0

Masih dengan mengusung nama makanan yang manis, android terbaru juga dinamakan dengan Android Marshmallow. Bagi Anda yang sedang membaca tentang versi OS Android ini bisa jadi langsung lapar ketika mengetahui nama-nama unik dari Android ya? Versi Android ini diluncurkan pada tahun 2015. Hal menarik dari versi terbaru android ini yaitu adanya penggunaan metode sidik jari pada android untuk membuka kunci. Keunggulan lain dari versi ini yaitu adanya peningkatan kemampuan pada transfer data maupun perpindahan data ke microSD.

14. Android Nougat Versi 7.0
urutan versi android lengkap

Android Nougat Versi 7.0

Versi 7.0 dari android hadir melalui Android Nougat yang resmi diperkenalkan pada tahun 2016. Bagi Anda yang hobi menggunakan berbagai emoji saat chatting dengan orang lain, tentu menyukai fitur terbaru dari android ini karena adanya penambahan emoji beru dan juga penambahan multi bahasa. Selain itu, juga terdapat berbagai peningkatan pada fitur aplikasi dan juga dapat mendukung penggunaan multi layar.

15. Android Oreo Versi 8.0
urutan versi android lengkap

Android Oreo Versi 8.0

Versi android yang terbaru ini belum lama diluncurkan yaitu pada Agustus 2017. Versi 8.0 ini dinamakan dengan Android Oreo. Tentu Anda penggemar snack ini sudah sangat familiar dengan namanya bukan? Bahkan sudah banyak yang memprediksi bahwa android versi selanjutnya dengan awalan huruf O ini akan dinamai dengan nama Oreo. Keunggulan dari versi terbaru ini yaitu adanya kemampuan untuk multitasking yang lebih bagus daripada sebelumnya, yaitu user dapat membuka dua aplikasi dalam waktu bersamaan dan juga dapat ditampilkan sekaligus sehingga memudahkan para penggunanya. Selain itu, android ini juga didukung dengan keamanan yang lebih baik dan canggih. Dikatakan bahwa versi android yang terbaru ini belum tersedia secara resmi pada sebuah perangkat selular, dan kemungkinan akan diperkenalkan pada awal-awa tahun 2018 beserta dengan perangkat yang akan menggunakannya pertama kali.

Setiap versi dari android menghadirkan beberapa fitur terbaru dan memiliki kelebihan masing-masing. Jika Anda perhatikan, nama dari versi android tersebut diurutkan sesuai dengan abjad yaitu dari A hingga O pada versi terbaru. Nama dari android tersebut juga menarik karena menggunakan nama makanan yang manis. Sangat unik bukan? Tidak menutup kemungkinan bahwa akan ada versi terbaru dari android lagi pada tahun-tahun mendatang. So, kita tunggu saja. Tak ada salahnya jika Anda mengenal beberapa versi dari android, hal ini dapat menjadi bahan pertimbangan ketika Anda akan membeli sebuah smartphone ataupun komputer jenis tablet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *