Android

Apple

Windows

linux_ubuntu [#148] Created with Sketch.

Linux

Tips

Internet

Sosial Media

Sejarah Berdirinya Facebook, Oleh CEO Mark Zuckerberg

Sejarah Berdirinya Facebook – Facebook adalah salah satu jejaring sosial paling populer di dunia. Didirikan oleh Mark Zuckerberg pada tahun 2004 saat ia masih mahasiswa di Universitas Harvard. Awalnya, Facebook dirancang hanya untuk digunakan oleh mahasiswa Harvard, namun kemudian berkembang menjadi jejaring sosial global.

Pada tahun 2005 Berdirinya Facebook telah berkembang dan merambah ke beberapa kampus lain di Amerika Serikat. Selanjutnya, Facebook membuka jaringannya untuk siapa saja yang ingin bergabung, dan pada 2006, Facebook menjadi tersedia secara global. Facebook terus berkembang dan pada 2012 mencapai 1 miliar pengguna aktif.

Selain menyediakan layanan jejaring sosial untuk pengguna, Facebook juga menjadi platform untuk iklan dan pemasaran, yang memungkinkan pengiklan untuk menargetkan iklan mereka dengan sangat spesifik, berdasarkan minat, demografi, dan perilaku pengguna Facebook.

Facebook juga telah mengakuisisi beberapa perusahaan besar seperti Instagram dan WhatsApp, memperluas jangkauan layanannya.

Namun, Facebook juga menghadapi beberapa kontroversi seputar privasi data dan pengaruh politik pada platformnya. Facebook telah mengambil beberapa tindakan untuk meningkatkan privasi data pengguna dan menghapus konten yang tidak sesuai dengan kebijakan platform.

Pendiri facebook 

Pendiri Facebook adalah Mark Zuckerberg. Ia mendirikan Facebook pada tahun 2004 ketika ia masih menjadi mahasiswa di Universitas Harvard. 

Berdirinya Facebook juga tidak lepas dari peran Bersama-sama dengan teman sekamarnya, Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes, Zuckerberg membangun situs jejaring sosial yang awalnya hanya ditujukan untuk digunakan oleh mahasiswa di kampus Harvard. 

Namun, ketika Facebook mulai berkembang, ia membuka jaringannya untuk siswa di beberapa universitas lain, dan kemudian menjadi tersedia untuk siapa saja yang ingin bergabung. Zuckerberg saat ini masih menjadi CEO Facebook dan terus mengembangkan perusahaan tersebut.

Baca juga : Apa itu Domain dan Hosting Beserta Fungsinya

Produk Produk Facebook 

Setelah Berdirinya Facebook, Mark berikutnya mengembangkan beberapa aplikasi lainya yang juga terkenal sebagai berikut :

  1. Facebook – jejaring sosial utama yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan teman dan keluarga mereka, berbagi konten, membuat halaman, bergabung dalam grup, dan banyak lagi.
  1. Instagram – platform berbagi foto dan video yang memungkinkan pengguna untuk membagikan momen mereka dengan pengikut mereka, serta menambahkan efek dan filter pada gambar dan video mereka.
  2. WhatsApp – aplikasi pesan instan yang memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga mereka di seluruh dunia melalui teks, panggilan suara, dan panggilan video.
  3. Messenger – aplikasi pesan instan yang terintegrasi dengan Facebook, memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan teman mereka di Facebook melalui pesan teks, panggilan suara, dan panggilan video.
  1. Oculus – merek perangkat realitas virtual dan augmented reality yang dimiliki oleh Facebook, termasuk headset VR Oculus Rift dan Oculus Quest.
  1. Workplace – platform komunikasi dan kolaborasi untuk tim dan organisasi, yang memungkinkan pengguna untuk berbagi file, berkomunikasi melalui pesan instan, dan mengatur pertemuan dan jadwal.
  1. Portal – perangkat video call dan smart speaker yang memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan keluarga dan teman mereka melalui panggilan video, serta mengakses musik, film, dan layanan streaming.

Baca juga : Apa itu Blogger, Fungsi dan Kegunaan Blog

Kesimpulan Facebook 

Facebook adalah jejaring sosial yang sangat populer dan berpengaruh di seluruh dunia. Didirikan pada tahun 2004 oleh Mark Zuckerberg, Facebook telah berkembang pesat dan memiliki berbagai produk dan layanan yang sangat beragam, termasuk Instagram, WhatsApp, Messenger, dan Oculus. 

Facebook memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan teman dan keluarga mereka, serta memungkinkan bisnis untuk beriklan dan memasarkan produk mereka melalui platform tersebut. 

Namun, Facebook juga telah menghadapi berbagai kontroversi seputar privasi data dan pengaruh politik pada platformnya. Facebook terus berupaya untuk meningkatkan privasi dan keamanan pengguna serta memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik melalui inovasi teknologi dan pengembangan produk baru.

Artikel Terkait :

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Postingan Populer