Android

Apple

Windows

linux_ubuntu [#148] Created with Sketch.

Linux

Tips

Internet

Sosial Media

Sejarah Google, Perusahaan Teknologi NO.1 di Dunia 

Sejarah Google – Google adalah mesin pencari internet yang didirikan pada tahun 1998 oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di Universitas Stanford. 

Awalnya, Google hanya merupakan sebuah proyek riset untuk meningkatkan efisiensi dalam pencarian informasi di internet. Nama Google sendiri diambil dari kata “googol”, yaitu angka 1 diikuti oleh 100 nol, yang merepresentasikan visi Larry dan Sergey untuk memproses jumlah data yang sangat besar di internet.

Setelah beberapa tahun mengembangkan teknologinya, Google mulai mendapatkan perhatian dari pengguna internet dan investor. Pada tahun 2004, perusahaan tersebut mengumumkan penawaran umum perdana (IPO) dan menjadi perusahaan publik. Sejak itu, Google terus berkembang pesat dan meluncurkan berbagai produk baru, seperti Google Maps, Google Docs, dan Google Translate.

Pada tahun 2015, Google resmi mengubah struktur perusahaannya menjadi Alphabet Inc., sebuah perusahaan induk yang mengelola berbagai unit bisnis yang dimilikinya, termasuk Google. 

Saat ini, Google merupakan salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia dan memiliki berbagai produk dan layanan yang digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia, termasuk Android, Gmail, dan YouTube.

Baca juga : Apa itu Google Adsense?

Sejarah perkembangan google

Berikut adalah sejarah perkembangan Google:

  1. 1998:
    Larry Page dan Sergey Brin mendirikan Google sebagai sebuah proyek riset ketika mereka masih menjadi mahasiswa doktoral di Universitas Stanford. Google awalnya beroperasi dengan menggunakan server yang ditempatkan di dalam kamar asrama mahasiswa.
  2. 1999:
    Google memindahkan kantornya ke sebuah garasi di Menlo Park, California, dan meluncurkan layanan AdWords, yang memungkinkan pengiklan untuk membeli iklan yang ditampilkan di hasil pencarian Google.
  3. 2000:
    Google meluncurkan Google Toolbar, sebuah alat yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pencarian Google langsung dari browser mereka.
  4. 2001:
    Google merilis Google Images, sebuah layanan pencarian gambar, dan meluncurkan Google AdSense, yang memungkinkan pemilik situs web untuk menghasilkan uang dari iklan yang ditampilkan di situs mereka.
  5. 2004:
    Google melakukan penawaran umum perdana (IPO) dan menjadi perusahaan publik.
  6. 2005:
    Google mengakuisisi Android Inc., sebuah perusahaan pengembang sistem operasi mobile.
  7. 2006:
    Google meluncurkan Google Maps dan YouTube setelah mengakuisisi kedua perusahaan tersebut.
  8. 2007:
    Google meluncurkan Android OS, sebuah sistem operasi mobile yang bersaing dengan iOS dari Apple.
  9. 2010:
    Google merilis Google Instant, sebuah fitur yang memungkinkan hasil pencarian untuk muncul secara otomatis ketika pengguna mengetik.
  10. 2011:
    Google meluncurkan Google+, sebuah jaringan sosial yang menantang dominasi Facebook.
  11. 2015:
    Google mengubah struktur perusahaannya dan menjadi anak perusahaan dari Alphabet Inc.
  12. 2016:
    Google memperkenalkan Google Assistant, sebuah asisten virtual yang menggunakan teknologi suara untuk membantu pengguna dalam berbagai tugas.
  13. 2017:
    Google merilis Google Home, sebuah speaker pintar yang dilengkapi dengan Google Assistant.
  14. 2018:
    Google merilis Google Lens, sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mencari informasi tentang objek di dunia nyata dengan menggunakan kamera smartphone.
  15. 2020:
    Google merilis Google Meet, sebuah layanan video konferensi yang menjadi populer selama pandemi COVID-19.
  16. 2021:
    Google merilis Google Workspace, sebuah platform kolaborasi yang menyatukan berbagai produk dan layanan Google, seperti Gmail, Drive, Docs, dan Meet.

Baca juga : Sejarah Paypal

Daftar Produk Google 

Berikut adalah beberapa produk Google yang populer:

  1. Google Search – mesin pencari
  2. Google Maps – layanan peta dan navigasi
  3. Google Chrome – peramban web
  4. Google Drive – penyimpanan dan berbagi file online
  5. Gmail – layanan email gratis
  6. YouTube – situs berbagi video
  7. Google Photos – penyimpanan dan berbagi foto online
  8. Google Translate – layanan terjemahan online
  9. Google Calendar – kalender online
  10. Google Docs – aplikasi pengolah kata online
  11. Google Sheets – aplikasi spreadsheet online
  12. Google Slides – aplikasi presentasi online
  13. Google Meet – layanan konferensi video
  14. Google Assistant – asisten virtual pintar
  15. Android – sistem operasi mobile
  16. Google Analytics – layanan analisis web
  17. Google Ads – layanan periklanan online
  18. Google Cloud – layanan cloud computing
  19. Google Earth – aplikasi pemetaan bumi
  20. Google Classroom – platform pembelajaran online.

Baca juga : Sejarah Apple inc

Siapa Pengisi Suara Google

Google tidak memiliki satu pengisi suara resmi yang mengisi suara di seluruh produk dan layanannya. Sebaliknya, Google menggunakan teknologi Text-to-Speech (TTS) untuk menghasilkan suara yang digunakan di produk dan layanannya.

Teknologi TTS Google menggunakan sistem pembacaan suara algoritma yang mengonversi teks menjadi suara yang terdengar seperti manusia. Suara yang dihasilkan oleh teknologi TTS Google dapat disesuaikan dengan berbagai preferensi dan bahasa yang berbeda-beda.

Selain itu, Google juga menghadirkan berbagai fitur suara lainnya, seperti Google Assistant, yang menggunakan suara manusia yang dihasilkan melalui proses perekaman suara dan teknologi synthesizer suara. 

Beberapa orang terkenal, seperti John Legend, juga pernah bekerja sama dengan Google untuk mengisi suara spesifik di layanan tertentu, seperti Google Assistant.

Baca juga : Sejarah Android

Kapan Google didirikan

Sejarah Google didirikan pada tanggal 4 September 1998. Larry Page dan Sergey Brin, mahasiswa doktoral di Universitas Stanford, membentuk perusahaan tersebut sebagai sebuah proyek riset untuk meningkatkan efisiensi dalam pencarian informasi di internet. Awalnya, Google hanya berupa sebuah mesin pencari sederhana yang diberi nama “Backrub”, namun kemudian diubah namanya menjadi Google. 

Saat ini, Google telah menjadi salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia dan memiliki berbagai produk dan layanan yang digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Google diciptakan oleh negara

Tidak, Google tidak diciptakan oleh negara manapun. Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin, dua mahasiswa doktoral di Universitas Stanford, sebagai sebuah proyek riset yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dalam pencarian informasi di internet. Ide dan pengembangan Google sepenuhnya berasal dari Larry Page dan Sergey Brin, bukan dari pemerintah atau negara manapun.

Meskipun Google telah bekerja sama dengan pemerintah dan lembaga publik dalam beberapa proyek dan inisiatif, seperti dalam bidang penelitian, edukasi, dan keamanan siber, namun hal tersebut tidak berarti bahwa Google diciptakan oleh negara. Google merupakan perusahaan swasta yang didirikan oleh individu dan berkembang menjadi salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia.

CEO Google Saat ini

Sundar Pichai adalah CEO Google saat ini. Ia menjabat sebagai CEO Google sejak Desember 2019, setelah sebelumnya menjabat sebagai CEO Google’s parent company, Alphabet Inc., sejak 2015. Sundar Pichai bergabung dengan Google pada tahun 2004 dan telah memainkan berbagai peran kunci di perusahaan tersebut, termasuk memimpin pengembangan produk Chrome, Google Drive, dan Google Apps. Selain menjabat sebagai CEO, Sundar Pichai juga menjadi anggota dewan direksi Alphabet Inc. dan merupakan salah satu figur penting di industri teknologi global.

Artikel Terkait :

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Postingan Populer