Android

Apple

Windows

linux_ubuntu [#148] Created with Sketch.

Linux

Tips

Internet

Sosial Media

Sejarah Internet di Indonesia Secara Singkat

Sejarah Internet – Internet adalah jaringan global yang terdiri dari jutaan komputer, server, dan perangkat lainnya yang terhubung satu sama lain melalui jaringan kabel dan nirkabel. Internet memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima informasi, berkomunikasi, berbagi file, mengakses berbagai layanan dan aplikasi online, dan melakukan berbagai aktivitas lainnya dengan mudah dan cepat melalui perangkat seperti komputer, ponsel pintar, tablet, dan perangkat lainnya.

Internet diciptakan sebagai proyek militer di Amerika Serikat pada akhir tahun 1960-an dan awal 1970-an. Internet awalnya digunakan sebagai alat komunikasi militer dan akademik, tetapi kemudian berkembang menjadi jaringan global yang diakses oleh masyarakat umum. Internet terus berkembang pesat sejak diperkenalkan dan telah menjadi salah satu teknologi paling penting dan berpengaruh dalam kehidupan manusia modern.

Sejarah Internet di Indonesia Secara Singkat

Internet pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada awal 1990-an oleh PTT (Perusahaan Telekomunikasi Indonesia) dan ITB (Institut Teknologi Bandung). Pada saat itu, akses internet masih sangat terbatas dan mahal, sehingga hanya sejumlah kecil orang yang dapat mengaksesnya.

Pada tahun 1994, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (sekarang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) menjadi salah satu pihak yang terlibat dalam pengembangan internet di Indonesia. Mereka mendirikan Jaringan Informasi Pendidikan Nasional (JARINGAN) sebagai upaya untuk memfasilitasi akses internet di lingkungan pendidikan.

Pada akhir 1990-an, sejumlah penyedia layanan internet swasta mulai bermunculan di Indonesia. Pada saat itu, akses internet masih menggunakan teknologi dial-up dan biayanya masih relatif mahal, sehingga masih terbatas pada kalangan tertentu.

Pada tahun 2000, pemerintah Indonesia membentuk Badan Pengatur Telekomunikasi (sekarang disebut Kominfo) untuk mengatur industri telekomunikasi di Indonesia, termasuk internet. Selama dekade berikutnya, akses internet semakin berkembang di Indonesia dengan peningkatan signifikan dalam hal kecepatan dan biaya akses.

Pada tahun 2010, pemerintah Indonesia meluncurkan program “Indonesia Broadband Plan” sebagai upaya untuk meningkatkan akses internet di seluruh Indonesia, terutama di daerah-daerah yang terpencil. Program ini mencakup pembangunan infrastruktur internet dan penyediaan akses internet murah bagi masyarakat.

Hingga saat ini, internet telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari di Indonesia, dengan semakin banyaknya orang yang mengandalkan internet untuk komunikasi, belanja, hiburan, dan pekerjaan. Dengan kemajuan teknologi dan perkembangan infrastruktur internet di Indonesia, diharapkan bahwa akses internet akan semakin mudah diakses dan terjangkau bagi semua orang.

Baca juga : Apa itu Google Adsense

Sejarah Internet di dunia Pertama Kali 

Internet pertama kali dikembangkan pada akhir tahun 1960-an sebagai proyek riset militer di Amerika Serikat oleh Advanced Research Projects Agency Network (ARPANET). Proyek ini bertujuan untuk menciptakan jaringan komunikasi yang dapat bertahan dalam situasi perang atau bencana alam.

Pada tahun 1972, ARPANET menghubungkan empat universitas di Amerika Serikat dan mulai digunakan untuk mengirimkan pesan elektronik atau email. Kemudian, pada tahun 1983, protokol internet (TCP/IP) resmi diadopsi dan menjadi standar komunikasi di seluruh jaringan ARPANET.

Pada tahun 1989, Tim Berners-Lee, seorang ilmuwan komputer di CERN (Organisasi Eropa untuk Penelitian Nuklir), menciptakan World Wide Web (WWW). World Wide Web adalah sistem informasi terdistribusi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses dokumen dan sumber daya lainnya yang terhubung di seluruh dunia. Dengan diperkenalkannya WWW, internet menjadi jauh lebih mudah diakses dan digunakan oleh masyarakat umum.

Pada tahun 1990-an, akses internet semakin meluas dan berkembang pesat di seluruh dunia. Sejumlah penyedia layanan internet swasta mulai bermunculan dan teknologi akses internet semakin canggih dan terjangkau.

Dalam beberapa dekade terakhir, internet telah menjadi salah satu teknologi paling penting dan berpengaruh dalam kehidupan manusia, mengubah cara kita berkomunikasi, bekerja, dan menjalani kehidupan sehari-hari.

Baca juga : Sejarah Google, Perusahaan Teknologi NO.1 di Dunia 

Daftar Negara Pengguna Internet Terbanyak di dunia 

Berikut adalah daftar 10 negara pengguna internet terbanyak di dunia berdasarkan data yang dirilis oleh Internet World Stats pada September 2022:

  1. Tiongkok – 1,176,153,000 pengguna internet
  2. India – 687,600,000 pengguna internet
  3. Amerika Serikat – 313,322,868 pengguna internet
  4. Indonesia – 196,728,537 pengguna internet
  5. Brasil – 160,868,970 pengguna internet
  6. Jepang – 116,565,962 pengguna internet
  7. Rusia – 109,446,063 pengguna internet
  8. Meksiko – 82,766,267 pengguna internet
  9. Jerman – 71,122,296 pengguna internet
  10. Nigeria – 60,000,000 pengguna internet

Perlu diingat bahwa jumlah pengguna internet di setiap negara dapat berubah dengan cepat, terutama dengan perkembangan teknologi dan peningkatan aksesibilitas. Oleh karena itu, daftar ini dapat berubah sewaktu-waktu.

Artikel Terkait :

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Postingan Populer