Android

Apple

Windows

linux_ubuntu [#148] Created with Sketch.

Linux

Tips

Internet

Sosial Media

Sejarah Linux, Perkembangan Linux dari Tahun ke Tahun 

Sejarah Linux adalah sistem operasi komputer berbasis Unix yang pertama kali dikembangkan oleh Linus Torvalds pada tahun 1991 ketika ia masih menjadi mahasiswa di Universitas Helsinki, Finlandia.

Torvalds memulai pengembangan Linux sebagai proyek pribadi, yang kemudian berkembang menjadi sebuah sistem operasi open-source yang populer di kalangan komunitas pengembang dan pengguna.

Sistem operasi Linux awalnya didasarkan pada kernel atau inti sistem operasi yang dikembangkan oleh Torvalds. Kernel tersebut dirilis dengan lisensi GPL (GNU General Public License) yang memungkinkan pengguna dan pengembang untuk memodifikasi dan mendistribusikan kembali kode sumber Linux secara bebas.

Seiring dengan berjalannya waktu, komunitas pengembang dan pengguna Linux terus tumbuh dan berkembang. Proyek-proyek open-source lainnya seperti Apache, Samba, dan MySQL juga mendukung perkembangan Linux. Seiring dengan kepopulerannya, Linux menjadi pilihan sistem operasi yang banyak digunakan di server, superkomputer, dan perangkat mobile seperti Android.

Saat ini, Linux menjadi salah satu sistem operasi open-source yang paling populer di dunia. Linux digunakan oleh banyak perusahaan besar dan organisasi, termasuk Google, Amazon, dan NASA. Linux juga telah digunakan dalam berbagai jenis perangkat seperti smartphone, laptop, desktop, dan IoT (Internet of Things).

Baca juga : Sejarah Google

Perkembangan Linux dari Tahun Ke Tahun 

Perkembangan Linux sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 1991 telah sangat signifikan. Berikut adalah beberapa tahapan perkembangan Linux yang terpenting:

Awal pengembangan: Linux awalnya dikembangkan oleh Linus Torvalds sebagai proyek pribadi pada tahun 1991. Kode sumber Linux dirilis ke publik dan segera menarik perhatian pengembang dan pengguna di seluruh dunia.

Komunitas pengembang dan pengguna: Dalam beberapa tahun setelah rilis pertama, Linux menjadi semakin populer di kalangan pengembang dan pengguna komputer. Sebuah komunitas besar pengembang dan pengguna Linux terbentuk, yang bekerja bersama untuk mengembangkan dan memperbaiki Linux.

Distribusi Linux: Beberapa perusahaan dan individu mulai membuat distribusi Linux mereka sendiri, yang menyediakan sistem operasi Linux yang siap digunakan dan mendukung berbagai jenis perangkat keras.

Peningkatan dukungan perangkat keras: Seiring dengan bertumbuhnya penggunaan Linux, dukungan perangkat keras juga meningkat. Produsen perangkat keras mulai memberikan dukungan untuk Linux dan mengembangkan driver perangkat keras yang spesifik untuk sistem operasi ini.

Peningkatan fitur dan kemampuan: Dalam beberapa tahun terakhir, Linux telah berkembang menjadi sistem operasi yang sangat kuat dan fleksibel, dengan banyak fitur dan kemampuan yang sama atau bahkan lebih baik daripada sistem operasi proprietary lainnya.

Penggunaan di perangkat mobile: Linux juga telah menjadi populer di kalangan pengembang perangkat mobile. Android, sistem operasi mobile yang populer di seluruh dunia, didasarkan pada kernel Linux.

Penggunaan di cloud: Linux juga banyak digunakan di cloud computing, dengan banyak penyedia layanan cloud seperti Amazon Web Services dan Google Cloud Platform menggunakan Linux sebagai basis untuk infrastruktur mereka.

Kesimpilan Sejarah Linux

Perkembangan Linux masih terus berlanjut dan memiliki masa depan yang cerah. Linux terus digunakan di berbagai jenis perangkat dan dalam berbagai jenis pengembangan aplikasi.

Artikel Terkait :

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Postingan Populer