Android

Apple

Windows

linux_ubuntu [#148] Created with Sketch.

Linux

Tips

Internet

Sosial Media

Sejarah Paypal, Salah satu Pendirinya Elon Musk

Sejarah Paypal dan Pekembanganya – PayPal didirikan pada tahun 1998 oleh Peter Thiel, Max Levchin, dan Elon Musk dengan nama Confinity. Pada awalnya, Confinity adalah perusahaan yang fokus pada pengembangan software keamanan dan sistem transfer uang untuk perangkat mobile.

Pada tahun 1999, Confinity bergabung dengan perusahaan bernama X.com, yang didirikan oleh Elon Musk. X.com awalnya merupakan perusahaan yang berfokus pada layanan keuangan dan transfer uang melalui email.

Setelah bergabung, fokus perusahaan berubah menjadi layanan transfer uang online, dan merek PayPal diluncurkan pada tahun 2001. PayPal segera menjadi platform transfer uang online yang paling populer di dunia.

Pada tahun 2002, PayPal menjadi perusahaan publik setelah melakukan penawaran umum perdana (IPO) di NASDAQ. Pada tahun 2005, eBay membeli PayPal dengan harga sekitar $1,5 miliar dan membuat PayPal menjadi platform pembayaran standar untuk transaksi di eBay.

Sejak itu, PayPal terus berkembang dan menjadi salah satu platform pembayaran online yang paling terkenal dan paling sering digunakan di dunia. Pada tahun 2020, PayPal memiliki lebih dari 300 juta pengguna aktif di seluruh dunia dan memiliki nilai pasar sekitar $240 miliar.

Baca juga : Sejarah Apple inc

Pemilik Paypal Sekarang 

PayPal saat ini dimiliki oleh PayPal Holdings, Inc., sebuah perusahaan yang terdaftar di bursa saham Nasdaq dengan simbol saham PYPL. Sebagai perusahaan publik, PayPal dimiliki oleh berbagai investor institusional dan individu yang membeli saham di pasar saham. 

Beberapa pemegang saham terbesar PayPal saat ini termasuk perusahaan investasi Vanguard Group, Inc., BlackRock, Inc., dan T. Rowe Price Associates, Inc. 

Namun, PayPal didirikan oleh Peter Thiel, Max Levchin, dan Elon Musk pada tahun 1998 dan kemudian diakuisisi oleh eBay pada tahun 2002.

Saat ini, Elon Musk tidak lagi terlibat langsung dengan PayPal karena fokusnya pada proyek-proyek seperti Tesla, SpaceX, dan The Boring Company.

Baca juga : Sejarah iPhone

Sejarah Perkembangan Paypal

PayPal telah mengalami banyak perkembangan sejak diluncurkan pada tahun 1998. Berikut adalah beberapa perkembangan utama yang telah dialami PayPal:

  1. Pengembangan dari layanan transfer uang mobile ke layanan transfer uang online melalui email.
  2. Peluncuran merek PayPal pada tahun 2001.
  3. Penambahan fitur keamanan dan perlindungan pembayaran untuk melindungi pengguna dari penipuan dan produk yang tidak sesuai.
  4. Perluasan ke berbagai negara di seluruh dunia, termasuk di Asia, Eropa, dan Amerika Latin.
  5. Akuisisi oleh eBay pada tahun 2002 dan menjadi platform pembayaran standar untuk transaksi di eBay.
  6. Pemisahan dari eBay dan menjadi perusahaan publik yang terdaftar di bursa saham Nasdaq pada tahun 2015.
  7. Pengembangan layanan pembayaran seluler seperti PayPal Here dan One Touch.
  8. Pengenalan fitur pembayaran dalam aplikasi pesan seperti Messenger dan WhatsApp.
  9. Perluasan layanan keuangan untuk meliputi pinjaman kecil dan investasi.
  10. Akuisisi berbagai perusahaan seperti Braintree, Venmo, dan iZettle untuk memperluas jangkauan dan kapabilitas layanan.

Dengan setiap perkembangan tersebut, PayPal terus memperkuat posisinya sebagai salah satu platform pembayaran online terbesar dan terpercaya di dunia.

Artikel Terkait :

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Postingan Populer