Android

Apple

Windows

linux_ubuntu [#148] Created with Sketch.

Linux

Tips

Internet

Sosial Media

Sejarah Perkembangan Windows dari Awal Sampai Sekarang

Sejarah Perkembangan Windows – Sebelum kita membahas lebih jauh tentang perkembangan windows dari awal hingga sekarang, Alangkah lebih baiknya terlebih dahulu kita tahu siapa pendiri pertama yang memiliki gagasan untuk membuatnya. 

Sistem Operasi Windows dikembangkan oleh Microsoft Corporation. Pendiri Microsoft, Bill Gates, adalah salah satu pengembang awal sistem operasi Windows. Sistem operasi Windows dikembangkan oleh tim insinyur dan pengembang perangkat lunak yang besar di bawah kepemimpinan Gates dan CEO Microsoft saat ini, Satya Nadella.

Sejak diluncurkan pada tahun 1985, sistem operasi Windows telah melewati banyak perubahan dan perkembangan. Setiap versi baru sistem operasi Windows mengikuti siklus pengembangan standar yang melibatkan pengujian, debugging, dan perbaikan masalah yang ditemukan. Microsoft juga telah mengembangkan berbagai perangkat lunak dan alat pengembangan untuk membantu pengembang pihak ketiga dalam membuat aplikasi yang kompatibel dengan sistem operasi Windows.

Saat ini, Microsoft terus mengembangkan sistem operasi Windows dan merilis pembaruan reguler untuk meningkatkan keamanan, kinerja, dan fitur sistem operasi. Microsoft juga mengembangkan versi Windows khusus untuk perangkat seluler, seperti Windows Phone dan Windows 10 Mobile, serta sistem operasi untuk server dan pusat data, seperti Windows Server.

Baca Juga : Sejarah Android Perkembangan dari Masa ke Masa

Sejarah Perkembangan Sistem Operasi Windows 

Windows adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft. Pertama kali diluncurkan pada tahun 1985, Windows telah mengalami banyak perubahan sejak saat itu. Berikut adalah sejarah singkat Windows:

Windows 1.0 (1985) – Windows 1.0 diluncurkan pada tanggal 20 November 1985. Ini adalah sistem operasi grafis pertama yang dirilis oleh Microsoft dan menyediakan antarmuka pengguna yang berbasis ikon.

Windows 2.0 (1987) – Windows 2.0 diluncurkan pada tahun 1987. Sistem operasi ini menawarkan peningkatan performa dan fitur baru seperti dukungan untuk keyboard internasional dan kemampuan untuk memperbesar dan memperkecil jendela aplikasi.

Windows 3.0 (1990) – Windows 3.0 adalah rilis pertama dari Windows yang sukses secara komersial. Diluncurkan pada tahun 1990, Windows 3.0 menawarkan antarmuka pengguna yang lebih baik, dukungan untuk warna, dan kemampuan untuk menjalankan beberapa program secara bersamaan.

Windows 95 (1995) – Windows 95 diluncurkan pada tahun 1995 dan menandai perubahan besar dalam desain antarmuka pengguna Windows. Windows 95 menawarkan tampilan baru yang lebih modern dan banyak fitur baru, termasuk dukungan untuk plug and play dan kemampuan untuk menjalankan program MS-DOS.

Windows 98 (1998) – Windows 98 diluncurkan pada tahun 1998 dan menambahkan fitur-fitur baru seperti kemampuan untuk mengakses Internet dengan mudah dan dukungan untuk USB.

Windows 2000 (2000) – Windows 2000 dirilis pada tahun 2000 dan merupakan versi sistem operasi Windows yang lebih stabil dan andal untuk lingkungan bisnis.

Windows XP (2001) – Windows XP dirilis pada tahun 2001 dan menawarkan banyak perubahan besar dalam desain antarmuka pengguna Windows. Windows XP juga menawarkan fitur-fitur baru seperti dukungan untuk CD-RW dan DVD-RW, dan kemampuan untuk mengakses jaringan nirkabel.

Windows Vista (2006) – Windows Vista dirilis pada tahun 2006 dan menawarkan antarmuka pengguna yang baru dan banyak fitur baru seperti dukungan untuk DirectX 10 dan kemampuan untuk mengakses jaringan nirkabel dengan lebih mudah.

Windows 7 (2009) – Windows 7 diluncurkan pada tahun 2009 dan menawarkan beberapa perubahan kecil dalam desain antarmuka pengguna Windows Vista, tetapi lebih berfokus pada meningkatkan kinerja dan stabilitas.

Windows 8 (2012) – Windows 8 diluncurkan pada tahun 2012 dan menawarkan antarmuka pengguna yang baru, yang dirancang untuk lebih baik digunakan pada perangkat layar sentuh. Windows 8 juga menawarkan banyak fitur baru seperti integrasi dengan layanan cloud.

Windows 10 (2015) – Windows 10 adalah rilis terbaru dari Windows dan diluncurkan pada tahun 2015. Windows 10 menawarkan antarmuka pengguna yang baru dan banyak fitur baru seperti asisten digital Cortana dan browser Microsoft Edge.

Artikel Terkait :

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Postingan Populer