Android

Apple

Windows

linux_ubuntu [#148] Created with Sketch.

Linux

Tips

Internet

Sosial Media

Sejarah Singkat TikTok Serta Perkembangan dari Masa ke Masa 

Sejarah Singkat TikTok – Di Tahun 2023 ini tiktok menjadi satu-satunya aplikasi yang memiliki jumlah pengguna aktif terbesar di dunia. Hal ini tentunya butuh proses yang luar biasa di balik perjalan tiktok hingga menjadi aplikasi yang sosial media paling populer untuk saat ini. 

Pembahasan ini Kelastekno akan membahas tentang sejarah singkat tiktok serta perkembangan dari tahun ketahun beserta apa saja yang membuat tiktok menjadi aplikasi paling populer di tingkat dunia. 

Baca juga : Sejarah Instagram, Perkembangan dari Masa ke Masa

Sejarah Tiktok Beserta Perkembangannya

TikTok adalah sebuah platform media sosial yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan berbagi video pendek. Berikut adalah sejarah berdirinya TikTok:

Awal Mula: Pada tahun 2014, sebuah perusahaan teknologi bernama ByteDance didirikan di Beijing, Tiongkok oleh Zhang Yiming. ByteDance awalnya fokus pada pengembangan aplikasi berita dan konten informatif.

Peluncuran Doujin: Pada September 2016, ByteDance meluncurkan aplikasi bernama Douyin di Tiongkok. Douyin adalah platform berbagi video pendek yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan membagikan konten kreatif.

Akuisisi Musical.ly: Pada November 2017, ByteDance mengakuisisi aplikasi populer bernama Musical.ly dengan harga sekitar 1 miliar dolar AS. Musical.ly merupakan platform berbagi video musik pendek yang populer terutama di Amerika Serikat dan Eropa.

Integrasi dan Rebranding: Setelah mengakuisisi Musical.ly, ByteDance memutuskan untuk menggabungkan aplikasi Douyin dengan Musical.ly. Pada Agustus 2018, aplikasi tersebut diluncurkan dengan nama TikTok, yang merupakan versi internasional dari Douyin. TikTok dirancang untuk menghadirkan pengalaman serupa dengan Douyin, tetapi dengan penyesuaian untuk pasar global.

Baca juga : Sejarah Whatsapp, Perkembangan WA dari Masa

Pertumbuhan dan Popularitas: TikTok mulai mendapatkan popularitas yang pesat di seluruh dunia. Pengguna dari berbagai negara mulai mengunggah dan menonton video pendek dengan beragam konten, termasuk tarian, lip-sync, komedi, tantangan, dan banyak lagi. Pengguna juga dapat menggunakan berbagai efek kreatif dan musik untuk meningkatkan video mereka.

Ekspansi Global: TikTok meluncurkan kampanye pemasaran yang agresif untuk menarik lebih banyak pengguna di berbagai negara. Dalam beberapa tahun, TikTok berhasil menjadi salah satu platform media sosial terbesar di dunia dengan jutaan pengguna aktif setiap bulannya.

Kontroversi dan Regulasi: Meskipun popularitasnya yang besar, TikTok juga menghadapi beberapa kontroversi terkait privasi data dan keamanan. Beberapa negara, termasuk Amerika Serikat, mengajukan kekhawatiran terhadap keterlibatan perusahaan Tiongkok dalam pengelolaan data pengguna. Sebagai tanggapan, TikTok melakukan langkah-langkah untuk meningkatkan transparansi dan kepatuhan terhadap regulasi.

Dengan demikian, TikTok telah mengalami perjalanan yang signifikan sejak didirikan oleh ByteDance, dari peluncuran Douyin hingga akuisisi Musical.ly dan rebranding menjadi TikTok. Platform ini terus berkembang dan menjadi salah satu aplikasi yang paling populer di dunia, terutama di kalangan pengguna muda.

Artikel Terkait :

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Postingan Populer