Android

Apple

Windows

linux_ubuntu [#148] Created with Sketch.

Linux

Tips

Internet

Sosial Media

Sejarah Yahoo, Mengapa Yahoo Sampai Bangkrut?

Sejarah Yahoo – Yahoo adalah perusahaan teknologi asal Amerika Serikat yang didirikan pada tahun 1994 oleh David Filo dan Jerry Yang. Perusahaan ini awalnya didirikan sebagai sebuah direktori web yang menyediakan kumpulan link ke situs-situs web yang berguna dan populer pada saat itu.

Pada tahun 1995, Yahoo meluncurkan layanan email gratis yang populer, Yahoo Mail, yang membantu meningkatkan popularitas perusahaan. Yahoo juga mengakuisisi beberapa perusahaan, seperti Geocities dan Broadcast.com, yang membantu perusahaan berkembang lebih jauh.

Pada tahun 1998, Yahoo meluncurkan layanan pencarian web mereka sendiri, yang membantu meningkatkan pertumbuhan perusahaan dan membuat Yahoo menjadi salah satu situs web paling populer pada saat itu.

Namun, pada awal tahun 2000-an, Yahoo mulai mengalami penurunan popularitasnya karena kurangnya inovasi dan strategi yang tidak jelas dalam menghadapi persaingan dengan Google. Pada tahun 2008, Yahoo menolak tawaran akuisisi dari Microsoft senilai $ 44,6 miliar, yang dianggap sebagai kesalahan strategis oleh sebagian besar orang.

Pada tahun 2012, Yahoo menunjuk Marissa Mayer sebagai CEO baru mereka, dan ia berusaha untuk menghidupkan kembali perusahaan dengan mengakuisisi beberapa perusahaan baru dan memperbaiki layanan dan produk yang sudah ada.

Namun, upaya Mayer tidak berhasil mengembalikan Yahoo ke posisi puncak, dan pada tahun 2016, Verizon Communications mengakuisisi bisnis inti Yahoo seharga $ 4,8 miliar. Setelah itu, Yahoo diintegrasikan ke dalam Verizon dan diluncurkan kembali sebagai merek Oath. Pada tahun 2019, Oath berganti nama menjadi Verizon Media, yang masih beroperasi hingga saat ini.

Baca juga : Apa itu Google Adsense

Mengapa Yahoo Sampai Bangkrut

Sejarah Yahoo sampai bangkrut nyatanya tidak benar, Yahoo tidak benar-benar bangkrut, tetapi bisnis intinya diakuisisi oleh Verizon Communications pada tahun 2016 seharga $ 4,8 miliar. Namun, ada beberapa faktor yang menyebabkan penurunan popularitas dan kinerja Yahoo dalam beberapa tahun terakhir.

Persaingan yang sengit – Yahoo telah bersaing dengan perusahaan teknologi besar seperti Google dan Facebook dalam industri pencarian web dan iklan online. Perusahaan ini terlambat mengadopsi inovasi baru dalam teknologi pencarian dan iklan, dan sebagai hasilnya, mereka kalah bersaing dengan pesaing mereka.

Kurangnya inovasi – Yahoo mengalami masalah dalam menciptakan produk baru yang menarik minat pengguna dan mempertahankan basis pengguna yang ada. Meskipun Yahoo telah mengakuisisi banyak perusahaan baru, namun seringkali mereka gagal memanfaatkan keunggulan teknologi dari perusahaan-perusahaan yang mereka beli.

Masalah keuangan – Yahoo juga mengalami masalah keuangan dalam beberapa tahun terakhir, terutama karena penurunan pendapatan dari bisnis inti mereka, seperti pencarian web dan iklan online.

Krisis kepemimpinan – Masalah kepemimpinan yang tidak stabil dan sering berubah-ubah dapat mempengaruhi kinerja perusahaan, dan Yahoo telah mengalami beberapa pergantian CEO dalam beberapa tahun terakhir.

Semua faktor ini menyebabkan penurunan popularitas dan kinerja Yahoo dalam beberapa tahun terakhir, dan menyebabkan perusahaan sulit untuk bersaing di pasar teknologi yang semakin sengit dan inovatif.

Baca juga : Sejarah Google

Produk Yahoo

Yahoo telah mengembangkan berbagai produk dan layanan selama bertahun-tahun, di antaranya:

  1. Yahoo Mail – layanan email gratis yang populer.
  2. Yahoo News – situs berita yang menyajikan berita dari berbagai topik dan sumber.
  3. Yahoo Finance – situs yang menyajikan informasi tentang pasar saham, mata uang, dan keuangan.
  4. Yahoo Sports – situs yang menyajikan berita dan informasi tentang olahraga dari berbagai jenis.
  5. Yahoo Search – mesin pencari web yang dulu populer.
  6. Yahoo Messenger – layanan pesan instan dan chatting yang populer pada tahun 2000-an.
  7. Tumblr – platform blogging dan jejaring sosial yang dibeli oleh Yahoo pada tahun 2013.
  8. Flickr – layanan berbagi foto yang dibeli oleh Yahoo pada tahun 2005.
  9. Yahoo Answers – situs yang memungkinkan pengguna untuk bertanya dan menjawab pertanyaan dari berbagai topik.

Beberapa produk dan layanan ini masih digunakan oleh pengguna hingga saat ini, meskipun Yahoo sendiri telah diakuisisi oleh Verizon Communications pada tahun 2017 dan menjadi bagian dari Verizon Media.

Itulah Sejarah Yahoo secara singkat yang dapat kami bagikan, Jangan lupa berikan pendapatmu di kolum komentar di bawah shobat kelastekno.com.

Artikel Terkait :

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Postingan Populer